Polisi yang Amankan Thamrin dari Teror Diberi Penghargaan

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2016 14:57 WIB
Polisi yang Amankan Thamrin dari Teror Diberi Penghargaan Suasana pengamanan polisi sesaat usai serangan teror di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti memberikan penghargaan kepada anggota polisi yang turut andil dalam mengamankan kawasan Thamrin, Jakarta, saat diserang teroris pekan lalu.

Penghargaan diserahkan di sela proses rapat pimpinan Polri 2016 yang dilaksanakan hari ini, Selasa (26/1), di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta. Total, ada 16 anggota Polri yang diganjar penghargaan. "Yang diberi kenaikan pangkat itu yang terluka. Yang mendapat pin emas dan perak tentu peranannya. Yang terlibat langsung dalam baku tembak itu dapat emas," tutur Badrodin.‎
 
Penganugerahan tersebut termaktub dalam lampiran Keputusan Kapolri Nomor : Kep/68/II/2016 tertanggal 24 Januari 2016.

Anggota polisi tersebut di antaranya, petugas lalu lintas Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, Ajun Inspektur Satu Deni Mahieu dan Ajun Inspektur Satu Suhadi. Mereka mendapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi inspektur dua. Selain itu, ada pula Ajun Inspektur Satu Dodi Maryadi dari Kepolisian Resor Jakarta Pusat yang diberi penghargaan sama.


Sementara itu, anggota satuan lalu lintas dari Polda Metro Jaya, Brigadir Suminto, diberikan kenaikan pangkat luar biasa menjadi Brigadir Kepala.

Komisaris Martuani Sormin selaku Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya diberikan penghargaan pin emas bersama Ajun Komisaris Besar Ahmad Untung Surianata yang menjabat sebagai Perwira Menengah Pusat Pendidikat Polisi Perairan.

Kepala Kepolisian Sektor Menteng Ajun Komisaris Besar Dedi Tabrani, anggota Gadik Penyelia Pusat Pendidikan Kepolisian Perairan Inspektur Dua Tamat Suryani dan pengemudi mobil Martuani, Brigadir Dua Wiliyansah juga mendapatkan pin emas dari Kapolri.

Kemudian, yang diberikan penghargaan pin perak dari Kapolri adalah anggota Satuan Samapta Bhayangkara Jakarta Pusat Ajun Inspektur Satu Purwanto, Brigadir Fery Aldunan Afriandi, Brigadir Heryanto Panjaitan, Brigadir Satu Muhamamad Mustaqin, dan Brigadir Satu Andrian Nurdiawan. Selain itu ada pula anggota Polsek Menteng Brigadir Tris Haryono. (obs/obs)