Resmikan Masjid Fatahillah, Presiden Jokowi Sindir Ahok

Utami Diah Kusumawati, CNN Indonesia | Jumat, 29/01/2016 14:41 WIB
Resmikan Masjid Fatahillah, Presiden Jokowi Sindir Ahok Masjid Fatahillah menjadi masjid pertama yang dibangun di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (29/1). (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat meresmikan Masjid Fatahillah di Balai Kota, Presiden Joko Widodo sempat membuat terkejut para hadirin yang datang. Dengan kalem dan nada suara mantap, Jokowi mengkritik pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Tadi yang disampaikan Pak Gubernur keliru. Salah. Saya kira bukan saya, Gubernur sebelumnya juga ingin Balai Kota punya masjid," kata Joko Widodo dalam kata sambutannya, Jumat (29/1).

Para tamu yang hadir menyaksikan acara peresmiam tersebut sontak terdiam mendengar Jokowi mengoreksi Ahok, sang tuan rumah yang memiliki hajat peresmian masjid. Ahok sebelumnya berkata bahwa peresmian Masjid Fatahillah merupakan perwujudan arahan Jokowi saat menjadi Gubernur DKI.


Namun, gelak tawa lantas merekah saat Jokowi melanjutkan berkata bahwa justru di bawah kepemimpinan Ahok sebagai Gubernur, pendirian masjid milik DKI Jakarta benar-benar terwujud.

"Pak Gubernur tadi keliru. (Pembangunan masjid) dilaksanakan sepenuhnya oleh Basuki Tjahaja Purnama. Masjid (milik) Jakarta Raya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, selama dia menjabat sebagai Gubernur tidak pernah menemukan masjid milik DKI Jakarta.

Jokowi bercerita dia terkejut ketika datang ke Jakarta dan masuk ke Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat ternyata masjid tersebut disebut milik nasional dan bukan Pemprov DKI. Padahal, lokasinya ada di Ibu Kota.

Oleh karena itu, dia berharap Masjid Fatahillah bisa menjadi simbol di lingkungan kantor Pemprov DKI dan memberikan semangat baru bagi para pegawai negeri sipil yang bekerja di sana.

"Masjid Fatahillah bisa menjadi pusat kebajikan, keimanan, dan ketakwaan kepada Allah SWT," kata Jokowi.

Sementara itu, Ahok mengatakan peresmian Masjid Fatahillah tak terlepas dari arahan Jokowi semasa masih menjabat sebagai Gubernur DKI.

"Jakarta, kok, enggak punya masjid. Jakarta harus punya masjid. Bapak Jokowi jadi Presiden bongkar ada tempat. Ini wujudkan apa yang Bapak harapkan di Balai Kota (dulu)," kata Ahok.

Dalam acara peresmian tersebut, berdasarkan pantauan CNN Indonesia, tampak pula Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin.

Masjid Fatahillah dibangun sejak pertengahan Desember tahun lalu. Anggaran pembangunan masjid yang didominasi warna putih itu mencapai Rp18,838 miliar dari APBD DKI 2015. (rdk)