Hujan Deras Akan Guyur Wilayah Barat Jabodetabek

Basuki Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 29/02/2016 02:37 WIB
Hujan Deras Akan Guyur Wilayah Barat Jabodetabek Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan seluruh wilayah di Indonesia masih harus tetap waspada akan ancaman banjir, longsor, dan puting beliung hingga akhir Februari 2016. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan dengan intensitas deras masih akan terjadi di sebagai wilayah Jakarta pada Senin dini hari (29/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah megapolitan Jakarta bagian barat berpotensi hujan lebat yang disertai petir hingga Senin pukul 04.00 WIB.

Kepala Bidang Penerangan BMKG Harry T. Djatmiko mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terjadi pada pukul 01.00 WIB luar Jakarta yaitu di Rajek, Sukamaja, Bojong Gede, Tajur Halang, dan Tanah Sareal.

“BMKG memperkirakan hujan lebat akan meluas ke sejumlah wilayah Jabodetabek, terutama kawasan bagian barat seperti Balaraja, Pasar Kemis, Cisoka, Cikupa, hingga Kota Tangerang,” tutur Djatmiko dalam pesan singkat Senin dini hari ini seperti dikutip Antara.


Dia menyebutkan hujan juga diperkirakan akan turun di Serpong Utara, Serpong, Pondok Aren, Ciputat, Pamulang, Kalideres, Cengkareng, Penjaringan, Kebon Jeruk, dan Kembangan.

Selain wilayah bagian barat, Jakarta Pusat dan Barat seperti Tambora, Gambir, Tanah Abang, dan Palmerah juga akan mengalami hujan lebat berdasarkan prakiraan BMKG.

Sementara, Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, pada Senin pukul (00.00), mencatat tinggi muka air di lima pintu air sungai Jakarta pada siaga tiga atau waspada, antara lain Manggarai (810 cm), Karet (540 cm), Pesanggrahan (155 cm), Angke Hulu (240 cm), dan Pasar Ikan (180 cm).

Sebelumnya, hujan yang turun pada Minggu (28/2) pagi hingga sore di sejumlah kawasan di Jakarta menyebabkan banjir dengan ketinggian berbeda.

Di kawasan Jakarta Utara, banjir setinggi 15 cm hingga 50 cm menggenangi jalan raya di depan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Jakarta Utara, hingga sekitar pukul 16.00 WIB, penyedotan air masih dilakukan. Banjir sekitar 30 cm juga menggenangi Jalan Kapuk Raya Jakarta Utara.

Di kawasan Jakarta Barat, banjir setinggi 20-40 cm menggenang di depan Kompleks Green Garden Jalan Panjang, dan di wilayah Tegal Alur Kalideres. (obs/obs)