BMKG: Hujan Turun di Jakarta Sepanjang Selasa

Abraham Utama, CNN Indonesia | Selasa, 01/03/2016 08:43 WIB
BMKG: Hujan Turun di Jakarta Sepanjang Selasa BMKG memprediksi hujan akan turun di hampir seluruh wilayah Jakarta, Selasa (1/3) pagi hingga malam. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan berintensitas sedang dan lebat akan kembali turun di hampir seluruh wilayah DKI Jakarta, sejak Selasa (1/3) pagi hingga malam.

Berdasarkan informasi yang ditampilkan BKMG pada laman mereka, hujan berintensitas sedang tidak hanya akan mengguyur Jakarta, melainkan juga kota-kota di sekitarnya, seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

Prakirawan BMKG memprediksi hujan berintensitas sedang tersebut akan mulai terjadi pada Selasa dini hari.


Jelang siang, menurut BMKG, hujan lebat akan melanda Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Tangerang dan Bekasi disebut juga akan mengalami hujan lebat pada waktu yang sama.

Pada Selasa malam, BMKG menilai, hujan akan kembali berintensitas sedang, kecuali di Bogor. Kota yang berada di sisi selatan Jakarta itu disebut akan dilanda hujan ringan pada Selasa malam.

Tak hanya Jakarta, hujan juga akan turun di sejumlah kota besar di Indonesia. Menurut BMKG, hujan ringan akan turun di Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Kupang, Biak, Manokwari, Jayapura, Makassar, Samarinda, Manado, Bandar Lampung dan Medan.

Sementara itu, kota-kota yang diprediksi akan hujan berintensitas sedang adalah Palembang, Pontianak, Mataram, Bandung dan Surabaya.

Jakarta Tergenang
Sejak Sabtu (27/2) malam, sejumlah wilayah di DKI Jakarta telah diguyur hujan. Akibatnya sejak saat itu, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, beberapa kawasan tergenang.

Kemarin, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan tergenang air setinggi 20 sentimeter.

Kelurahan Pondok Labu di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, bahkan mengalami banjir setinggi 75 sentiemeter. BPDB menyebut air telah merendam pemukiman penduduk.
Hingga Selasa pukul 01.00 WIB, tinggi air di pintu air Cipinang Hulu mencapai 130 sentimeter atau Siaga 4, Sunter Hulu 75 sentimeter (Siaga 4), Pulogadung 420 sentimeter (Siaga 4), Pasar Ikan setinggi 171 sentimeter (Siaga 4).

Ketinggian air di Bendung Katulampa pada saat yang sama telah setinggi 40 sentimeter (Siaga 4), Depok 160 sentimeter (Siaga 4), Manggarai 700 sentimeter (Siaga 4), Karet 450 sentimeter (Siaga 3), Krukut Hulu 140 sentimeter (Siaga 4) dan Pesanggrahan 135 sentimeter (Siaga 4). (abm/utd)