BNPT: Ada Jaringan Rahasia yang Rancang Teror secara Global

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 19/04/2016 11:22 WIB
BNPT: Ada Jaringan Rahasia yang Rancang Teror secara Global Kepala BNPT Komjen Pol Tito Karnavian ketika menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/4). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meyakini ada jaringan rahasia yang merancang aksi-aksi radikalisme dan terorisme lokal di berbagai negara. Jaringan rahasia tersebut bekerja secara global.

Kepala BNPT Komisaris Jenderal Tito Karnavian menyatakan organisasi yang dipimpinnya memiliki keyakinan kuat bahwa ada jaringan rahasia dan jaringan tersebut bekerja secara global.

"Kami percaya ini bukan terpecah-pecah," tutur Tito,” ujar Tito Karnavian di hadapan duta besar dan perwakilan negara sahabat dalam The General Briefing on Counter Terorism di Jakarta, Selasa (19/4).



Tito mengatakan BNPT mengajak negara sahabat melawan terorisme secara bersama-sama. "Terorisme adalah masalah dan fenomena global dan butuh diselesaikan secara internasional. Mari bersama perangi radikalisme dan terorisme," kata Tito.

Menurut Tito, perlawanan saat ini adalah perang melawan ideologi dan kekerasan yang sangat ekstrim. Ideologi tersebut, kata Tito harus dihancurkan agar masyarakat dunia kembali hidup tentram.


Indonesia yang kerap diserang aksi terorisme menjadi landasan untuk berbagi pengalaman dan informasi dalam memerangi terorisme bersama negara sahabat.

Negara sahabat yang hadir dalam pertemuan ini di antaranya Turki, Belgia, Prancis, Pakistan, Tunisia, dan Iraq.


Dalam acara ini, duta besar dan perwakilan negara tersebut juga akan berbagi pengalaman dalam menghadapi serangan teroris.

(obs/obs)