Ahok: Perahu Kano Penyumbat Saluran Air Disengaja

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 22/04/2016 17:48 WIB
Ahok: Perahu Kano Penyumbat Saluran Air Disengaja Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai ada temuan perahi kano diduga faktor kesengajaan untuk menyumbat saluran air di Jakarta.
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendapat laporan  ditemukan perahu kano dan karung berisi tanah yang menyumbat beberapa saluran air di Jakarta. Barang-barang itu ditemukan oleh Petugas Harian Lepas (PHL) atau yang dikenal dengan pasukan biru.

Perahu kano ditemukan petugas di saluran air antara Jalan Gatot Subroto hingga Senayan. "Kemarin bisa ketemu ada kano, gila apa ini," kata Basuki yang akrab disapa Ahok dalam rapat penanganan banjir di Balai Kota Jakarta, Jumat (22/4).

Ahok heran bagaimana bisa ada perahu di selokan. "Gimana caranya masukin perahu segitu besar ke dalam sana, udah lapor polisi saja," tutur Ahok.


Selain itu, delapan karung berisi pasir, ember, dan kayu ditemukan di selokan Jalan Thamrin. Ahok menuding itu bukan kesengajaan.

"Delapan karung tanah dalam saluran itu bukan jatuh pak, sengaja dimasukin pak," ujar Ahok.

Selanjutnya, Ahok meminta agar setiap penggalian diperiksa dan dimintai surat keterangan dan di cek ke Pekerjaan Umum.

"Ini bapak ibu saya ajarin cara kerja ya. Kalo liat ada tukang gali dia pasti bilang saya lagi gali kabel pak. Jangan percaya! Tanya mana surat di cek ke PU betul ngak. Ini bukan gali kabel ini," kata Ahok.

Ahok juga meminta untuk menurunkan semua pasukan biru untuk memeriksa gorong-gorong di Jakarta. (pit/pit)