Terminal Siapkan Bus Cadangan Antisipasi Pemudik Lebaran

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Kamis, 02/06/2016 05:51 WIB
Terminal Siapkan Bus Cadangan Antisipasi Pemudik Lebaran Dinas perhubungan melakukan uji kelayakan dan keamanan armada bus mudik untuk meminimalisir terjadinya kerusakan dan kecelekaaan pada armada mudik Lebaran. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Unit Pelaksana Teknis Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta Mohammad Faisol mengatakan pihaknya telah memerintahkan seluruh terminal menyiapkan armada bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada mudik Lebaran 2016.

Menurutnya hal tersebut telah disampaikan kepada seluruh Perusahaan Otobus (PO) oleh masing-masing kepala terminal.

"Armada saat ini dalam keadaan mencukupi. Kalau ada peningkatan jumlah pemudik, kami sudah siapkan bus cadangan," kata Faisol kepada CNNIndonesia.com, Rabu (1/6).


Meski demikian, dia memprediksi jumlah pengguna transportasi bus akan kembali mengalami penurunan pada mudik Lebaran 2016. Pelayanan terminal ditengarai menjadi alasan masyarakat tak lagi menggunakan bus sebagai angkutan lebaran.

Dihubungi terpisah, Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain membenarkan bahwa pihaknya telah diminta untuk berkoordinasi dengan seluruh PO guna mempersiapkan armada bus cadangan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada mudik Lebaran 2016 mendatang.

Namun, dia menegaskan, Terminal Kalideres akan mengutamakan pengoperasian armada bus reguler dengan melakukan uji kelaikan dan memeriksa perlengkapan kendaraan seperti palu pemecah kaca dalam keadaan darurat.

Dia juga menegaskan pihaknya akan memeriksa kesesuaian kapasitas seluruh armada bus dengan muatan.

"Kalau bus reguler tidak memadai baru kita operasikan bus armada cadangannya," kata Revi. (pit/pit)