Pemkot Semarang Serius Produksi Massal Mobil Desa

Damar Sinuko, CNN Indonesia | Rabu, 08/06/2016 02:59 WIB
Enggan bernasib sama seperti mobil Esemka, Pemkot Semarang tengah menjajaki mobil 4x4 murni buatan Indonesia untuk diproduksi massal. Walikota Semarang Hendrar Prihadi usai mencoba langsung Mobil Desa di kampus Unnes, Semarang, Kamis (2/6). (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Semarang, Jawa Tengah, CNN Indonesia -- Setelah sempat diuji coba sendiri oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, produk mobil hasil karya mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang diberi nama Mobil Desa mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Pemerintah Kota Semarang pun langsung meminta agar Mobil Desa segera diproduksi secara massal.

Langkah serius produksi massal Mobil Desa ini langsung dilakukan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dengan memanggil perwakilan dari UNNES, Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) dan pabrik kendaraan bermotor PT Viar Indonesia. Kepada pihak terkait, Walikota Hendrar Prihadi akan memfasilitasi pengembangan mobil desa dengan mempermudah beberapa regulasi yang ada.

"Kami akan dukung penuh produksi mobil desa ini. Karya anak bangsa seperti ini harus didorong untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat.  Bila perlu kita dorong bisa menjadi mobil dinas Pemkot Semarang, bahkan sekalian Mobil Nasional", ungkap Hendrar.
Walikota yang kerap disapa Hendi ini juga meminta pihak produsen bisa terus eksis memperkenalkan Mobil Desa kepada masyarakat. Hendi pun minta Mobil Desa ini tidak bernasib sama dengan Mobil Esemka di Solo yang pernah dicetus oleh Presiden Joko Widodo saat menjabat Walikota Solo.


"Bisa terus ikut agenda otomotif, bila perlu offroad. Ini kan 4 WD (Wheel Drive). Pokoknya harus eksis", tambah Walikota.

Penggagas Mobil Desa, Widya Ariyadi, ST. M.Eng, yang merupakan dosen UNNES mengatakan  telah menyiapkan inovasi baru yang bertenaga bio diesel untuk Mobil Desa sesuai dengan peruntukannya.

"Bisa kita bentuk menjadi double cabin sampai ambulance, tergantung peruntukan dan kepentingannya. Kita siap berinovasi ", kata Widya.

Mobil Desa Mobil memiliki model bak terbuka dengan sistem transmisi gigi 4x4 sehingga mampu melintasi segala medan, baik lumpur, banjir hingga tanjakan. Mobil dengan 1000 cc ini dibuat murni oleh anak bangsa yakni chasisnya dibuat di Tegal sedangkan rangka bodi dan mesinnya dibuat di Semarang. (pit)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK