Polri Akan Bangun Pusat Posko Mudik di Cikopo

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 08/06/2016 06:42 WIB
Polri Akan Bangun Pusat Posko Mudik di Cikopo Polisi akan membuka posko pusat mudik di Cikopo, Purwakarta. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polri akan membangun posko pusat mudik di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. Dari Posko Cikopo ini nantinya petugas akan mengatur rute dan rekayasa lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran saat terjadi kepadatan.

Menurut Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Posko Cikopo ini dibangun untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar Cikampek.

"Bisa nanti di kilometer 66 diarahkan ke Bandung, dikeluarkan Cikampek ke Simpang Jomin, jalan arteri, atau lewat Subang. Jadi peran sentral pengaturan arus ada di Cikopo," kata Badrodin di Kantor Presiden kemarin usai rapat persiapan Lebaran.


Selain Cikopo, Polri juga memperketat pengaturan kelancaran lalu lintas di Brebes, Tegal, Jalur Pantai Utara, dan Nagreg. Pengetatan aturan ini untuk mengantisipasi panjangnya kemacetan di jalur mudik.

Soal kelancaran lalu lintas, kata Badrodin, Polri juga mengontrol di sejumlah titik kemacetan seperti pom bensin, tempat peristirahatan, dan persimpangan. Menurutnya, hal itu mengantisipasi membludaknya pengendara dan menimbulkan kemacetan di jalan.

Badrodin memerintahkan seluruh personel kepolisian yang berjaga di pos sekitar titik-titik itu tidak beristirahat terlalu lama. "Harus ada petugas yang memberitahu. Untuk meninggalkan tempat itu, setengah jam saya rasa cukup," katanya.

Selain itu Badrodin juga mengimbau masyarakat untuk tidak bersama-sama mudik pada 1 Juli. Dia berpendapat, waktu libur 1 Juli-11 Juli seharusnya memberikan pilihan waktu mudik.

"Bisa bergantian ada yang tanggal 2, 3, dan seterusnya," kata dia.

Lebaran tahun ini diperkirakan bakal jatuh pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2016. Dengan adanya cuti bersama pada tanggal 4 dan 5 Juli, maka arus mudik diperkirakan akan dimulai pada Jumat, 1 Juli 2016, setelah jam kerja berakhir.

Kementerian Perhubungan sendiri telah menetapkan masa angkutan lebaran sejak tanggal 24 Juni 2016. (sur/sur)