Polisi Buka Posko Mudik pada Hari H-6 Lebaran

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 24/06/2016 15:18 WIB
Polisi Buka Posko Mudik pada Hari H-6 Lebaran Puncak mudik Lebaran diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan, 2-3 Juli 2016. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Inspektur Jenderal Agung Budi Marwoto memperkirakan gelombang arus mudik lebaran mulai nampak pada hari Kamis (30/6) pekan depan. Sementara puncak arus mudik akan terjadi pada hari Sabtu (2/7) dan Minggu (3/7).

"Maksimal itu hari Minggu ledakan (arus mudik) terjadi," kata Agung saat ditemui CNNIndonesia.com, Jumat (24/6).

Untuk mengamankan kalannya arus mudik tahun ini, kepolisian telah menyiagakan 99.700 personel yang akan tersebar di berbagai titik. Selain itu Korlantas juga mendapat bantuan personel dari lembaga keamanam lainnya.


"Kami mendapat tambahan dari TNI, kalau di total sekitar 150 ribu personel," katanya.

Tahun ini sandi operasi pengamanan mudik diubah dari semula Operasi Ketupat menjadi Operasi Ramadania. Pos-pos pengamanan akan mulai dibuka pada hari H-6.

Tahun ini, diperkirakan kendaraan roda dua akan mengalami lonjakan. Padahal selama ini kecelakaan lalu lintas mayoritas melibatkan sepeda motor. Oleh karena itu, untuk mengatisipasi banyaknya kecelakaan, polisi akan menindak menilang sepeda motor yang berpenumpang lebih dari dua orang.

Pos pemeriksaan sepeda motor akan dibangun di jalur arteri di kilometer 43 di wilayah Bekasi. Penumpang sepeda motor yang lebih dari dua orang akan diturunkan dan diangkut menggunakan bus ke daerah tujuan. 

Sementara itu Kementerian Perhubungan telah menetapkan masa angkutan lebaran sejak tanggal 24 Juni 2016.

Lebaran tahun ini diperkirakan bakal jatuh pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2016. Dengan adanya cuti bersama pada tanggal 4 dan 5 Juli, maka para pekerja sudah mendapat libur sejak hari Sabtu, 2 Juli 2016. (sur/sur)