Warga Antre Jabat Tangan Jokowi di Gedung Agung Yogyakarta

Gilang Fauzi, CNN Indonesia | Sabtu, 09/07/2016 15:10 WIB
Warga Antre Jabat Tangan Jokowi di Gedung Agung Yogyakarta Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (dua kiri) dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (tiga kiri) bersalaman dengan warga saat 'open house' di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sabtu (9/7). (Antara Foto/ Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menggelar open house bersama masyarakat di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Gedung Agung, Sabtu (9/7).

Antusiasme masyarakat untuk bertemu langsung dengan presiden sudah terlihat dari antrean yang mengular sejak pagi di depan pintu utama Gedung Agung.

Sekitar pukul 09.30 WIB, suasana kompleks Gedung Agung yang semula tenang mendadak riuh dengan tepuk tangan masyarakat begitu iring-iringan mobil Presiden tiba.


Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Gedung Agung Yogyakarta dan langsung bertutur sapa dengan masyarakat yang telah menunggu. Jokowi saat itu tampak mengenakan pakaian batik lengan panjang berwarna coklat, sementara Iriana mengenakan gamis dan jilbab berwarna putih.

Turut hadir mendampingi Jokowi di Gedung Agung antara lain Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X bersama GKR Hemas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam 'open house' yang baru pertama kali diadakan di Gedung Agung ini, diperkirakan sekitar 2.000 masyarakat Yogyakarta dari berbagai kalangan hadir untuk bertemu langsung dan bersalam-salaman dengan Jokowi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri turut hadir di Gedung Agung sekitar pukul 11.40 WIB untuk bersilaturahmi dan bersalaman dengan Jokowi. Kehadiran Jusuf Kalla tersebut sekaligus turut mengakhiri acara 'open house'.

Usai bersalaman dengan Jokowi, masyarakat yang hadir dipersilakan untuk menikmati jamuan hidangan yang telah dipersiapkan di sekitar sisi utara Gedung Agung.

Sejumlah warga yang berkesempatan menjabat tangan Jokowi mengaku sangat gembira. Salah satu di antaranya ialah Jonatan (50 tahun), salah seorang warga Yogyakarta yang rela menunggu sejak pukul 07.00 pagi.

"Senang, ini kesempatan yang langka dan istimewa. Pak Jokowi menjabat tangan saya dengan senyuman, saya sangat senang sekali," ungkapnya girang, seperti dilaporkan Kabiro Pers, Media dan Informasi Istana Kepresidenan, Bey Machmudin.

Senada dengan Jonatan, salah seorang warga lainnya turut merasa senang dengan kesempatan yang istimewa ini. Selain dapat berjabat tangan langsung dengan Presiden, sejumlah tamu yang hadir juga diberikan amplop lebaran oleh Presiden.

"Saya seneng sekali mas. Tadi Pak Presiden langsung memberi saya uang 100 ribu," kata Senen (74 tahun) yang berprofesi sebagai penarik becak di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (gil/gil)