'Kemesraan' Jokowi-Ahok di Cibubur hingga Dukuh Atas

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 30/09/2016 13:42 WIB
'Kemesraan' Jokowi-Ahok di Cibubur hingga Dukuh Atas Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meninjau perkembangan pembangunan MRT Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia di Dukuh Atas. (Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki hubungan yang sangat dekat, mungkin bisa dikatakan mesra.

Kemesraan Jokowi dan Ahok, panggilan Basuki, terlihat saat meninjau perkembangan pembangunan kereta api ringan (Light Rail Transit-LRT) di Cibubur dan angkutan cepat terpadu (Mass Rapid Transit-MRT) di Dukuh Atas.

Awalnya, Ahok tiba di KM13 Tol Jagorawi Cibubur sekitar pukul 08.02 WIB. Setengah jam kemudian, Jokowi tiba dan langsung disambut hangat oleh Ahok.


Kemudian Jokowi dan Ahok berjalan berdua memantau pembangunan LRT. Di belakang mereka, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono mengikuti.

Mereka melihat maket dan video perkembangan pembangunan LRT. Maket adalah bentuk tiruan gedung, dalam bentuk tiga dimensi dan berskala kecil.

Saat melihat maket, Ahok berbicara dengan Jokowi yang kemudian disambut tawa.

Setelah itu, Jokowi, Ahok, dan Rini menuju kawasan pembangunan pondasi jalur LRT di sebelah kiri. Ketiganya tampak berbincang santai di antara alat-alat berat dan tiang-tiang bangunan.

Ditemani Ahok

'Kemesraan' semakin terlihat karena Jokowi melanjutkan peninjauan ke bagian kanan pondasi hanya ditemani Ahok. Mereka terlihat bicara intensif di dekat alat berat berwarna jingga, tanpa ada ajudan dan menteri di sekitar.

Seakan belum berakhir, kedekatan Jokowi dan Ahok juga terlihat ketika meninjau pembangunan jalur MRT di kawasan Dukuh Atas. Sebelum meninjau, Jokowi dan Ahok mengenakan helm dan sepatu bot bersama-sama.

Kursi Jokowi dan Ahok menempel, sementara kursi Rini terlihat berjarak dari mereka.

Lagi, pasangan pemenang Pilkada DKI 2012 ini memimpin 'pasukan' peninjau MRT. Saat memasuki sisi kanan jalur MRT, keduanya tetap diikuti menteri, sejumlah ajudan, dan jajaran petinggi MRT.

Namun, mantan Wali Kota Solo dan mantan Bupati Belitung Timur ini kembali berdua ketika masuk ke lorong jalur MRT.

Mereka kembali terlihat berbicara serius. Namun sesekali keduanya terlihat tertawa saat berada di sana sekitar lima menit.

Kemesraan itu pun berakhir ketika Jokowi harus kembali ke Istana Negara dan Ahok ke Balai Kota. Hujan pun mengiringi perjalanan mereka saat meninggalkan tempat itu. (rel/asa)