Anies Janji Hadirkan Keadilan Bagi Warga Miskin Kota

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Minggu, 09/10/2016 14:47 WIB
Di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Anies juga menyoroti pembangunan kota Jakarta yang terlalu berorientasi pada pembangunan fisik semata. Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra dan PKS Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Rinaldy Sofwan Fakhrana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kedatangan calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ke Gedung Senam Duren Sawit, Jalan Raden Inten, Jakarta Timur pada Minggu (9/10), disambut meriah oleh warga setempat yang mendukungnya.

Kepada mereka, Anies berjanji jika terpilih pada Pilkada 2017, akan menghadirkan keadilan yang ia sebut telah hilang. Khususnya keadilan untuk masyarakat kecil. Hanya saja, Anies tidak menjelaskan secara rinci mengenai bentuk keadilan bagi warga miskin yang ia janjikan itu.

"Kita ingin menjadikan Jakarta lebih baik. Maju kotanya, bahagia masyarakatnya. Bagaimana bahagia bisa diwujudkan? Dengan cara memastikan keadilan itu bisa kembali," kata Anies di Gedung Senam Duren Sawit. 


"Kedua, kita memastikan kesejahteraan masyarakat, etika, dan tata krama jangan sampai hilang, kita harus kembalikan lagi nilai-nilai itu di tengah masyarakat. Adab menjadi patokan dalam bernegara," imbuhnya.

Calon gubernur yang berpasangan dengan Sandiaga Uno ini juga menyatakan bahwa Jakarta tak membutuhkan pemimpin yang hanya membangun kota secara fisik. 

Yang tak kalah penting, kata Anies, pemimpin Jakarta juga harus  mampu membangun masyarakatnya. Sebab, menurutnya, warga Jakarta tidak hanya membutuhkan kenyamanan bentuk fisik kota, tetapi juga rasa aman dan damai untuk tinggal di ibu kota.

Ia berkata, untuk mewujudkan itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus meningkatkan komunikasi dengan masyarakat. Pemprov juga harus mau mendengarkan keinginan warga agar pembangunan kota dan pembangunan masyarakat bisa berjalan beriringan.

"Ketika akan melakukan apapun kita harus melalukan komunikasi, jangan hanya pentingkan pembangunan kota, kita juga harus pikirkan kesejahteraan masyarakatnya," katanya.

Sambutan Meriah

Anies mendapat sambut meriah saat mendatangi Gedung Senam Duren Sawit di Jalan Raden Inten, Jakarta Timur. Ia disambut dengan iring-iringan marawis dari anggota Forum Masyarakat Jakarta Santun Wilayah Duren Sawit.

Sambutan meriah tersebut dibalas Anies dengan pujian. "Ini bukan sekumpulan warga biasa, tapi barisan masyarakat yang menginginkan perubahan Jakarta ke arah yang lebih baik, bukan hanya perubahan kota, tapi juga perubahan untuk mengelola warganya," kata dia.

Ratusan warga yang berkumpul itu sudah menyatakan dukungannya terhadap pasangan Anies-Sandiaga yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Di tempat yang sama, Anies juga mendapat dukungan dari sejumlah organisasi dan komunitas seperti Komunitas Sepeda Sehat, Forum RT/RW Duren Sawit, Forum Pedagang Kaki Lima Duren Sawit, Forum Remaja Mesjid, Forum Remaja Taklim, Forum Marawis, dan Paguyuban Ojek Duren Sawit.

Dukungan juga diberikan oleh Komunitas Guru Paud, Vespa Mania, Forum Indonesia Peduli BKT, Jakmania, Forum kemakmuran Mesjid, Komunitas Senam, Relawan Quran, Pengajian Subuh, dan Garuda Keadilan.

(wis)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK