Soal Ucapan Ahok, Ribuan Massa Akan Demo Balai Kota Siang Ini

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Jumat, 14/10/2016 08:10 WIB
Siang ini, menurut Kabid Humas Polda Metro Komisaris Besar Awi Setiyono, 5000 orang akan unjuk rasa di Bareskrim Polri, dan Balai Kota Jakarta. Ilustrasi. Ribuan simpatisan melakukan unjuk rasa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekitar seribu massa gabungan dari berbagai organisasi masyarakat akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Badan Reserse Kriminal Polri dan Balai Kota DKI Jakarta pada hari ini.

Langkah ini dilakukan sebagai reaksi atas pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok soal ayat Al Quran.

Massa akan bertolak dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat usai menunaikan ibadah shalat Jumat ke lokasi sementara Bareskrim Mabes Polri di Gambir, Jakarta Pusat. Setelah itu, massa akan menutup aksinya di Balai Kota DKI Jakarta.


"Kurang lebih akan ada sekitar 100.000 orang," kata Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) KH. Ahmad Sobri Lubis kepada CNNIndonesia.com, kemarin.

Menyikapi, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Awi Setiyono, mengatakan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dan siap melakukan pengamanan. Sekitar 5.000 personel kepolisian akan diterjunkan untuk mengawal aksi unjuk rasa sejumlah ormas itu.

"Kepala Biro Operasional Polda Metro jaya dan Kepala Porles Metro Jakarta Pusat sudah dimintai paparan terkait persiapan pengamanan, kami pasti siapkan," kata Awi saat dihubungi.

Ia memperkirakan, jumlah massa yang akan turun dalam aksi unjuk rasa pada hari ini sekitar 5.000 orang. Awi berjanji, polisi akan melakukan pengawalan dengan baik agar aksi unjuk rasa berjalan dengan tertib.

"Sesuai prosedur, kalau ada demo begitu kami akan kawal," kata Awi.

Lebih dari itu, ia mengimbau agar massa tetap menaati peraturan saat melakukan aksi unjuk rasa. Polisi juga melarang massa membawa barang-barang berbahaya. (rel/rel)