Tak Berpotensi Tsunami, Gempa 6,6 Skala Richter Landa Maluku

Raja Eben Lumbanrau, CNN Indonesia | Rabu, 21/12/2016 08:58 WIB
Tak Berpotensi Tsunami, Gempa 6,6 Skala Richter Landa Maluku Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengatakan, gempa dengan berkekuatan 6,6 Skala Richter menguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengatakan, gempa dengan berkekuatan 6,6 Skala Richter menguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

"#Gempa Mag:6.6 SR, 21-Dec-16 07:17:17 WIB, Lok:7.75 LS,128.01 BT (184 km TimurLaut MALUKUBRTDAYA), Kedlmn:173 Km #BMKG," cuit @infoBMKG, akun resmi BMKG di Twitter, Rabu (21/12).

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, gempa tersebut tidak menyebabkan masyarakat panik. Sutopo menambahkan, gempa itu juga tidak pula berpotensi menimbulkan tsunami.


"Gempa tidak berpotensi Tsunami. Sampai saat ini BPBD masih memantau perkembangan lebih lanjut. Belum ada laporan korban dan kerusakan. Kondisi masyarakat normal," kata Sutopo dalam keterangan persnya.

Menurut Sutopo, daerah tersebut memang sering terjadi gempa dengan kekuatan di atas 6 SR. Namun, kata Sutopo, gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan karena epicentrumnya terletak pada kedalaman sedang hingga dalam.

"Daerahnya palung laut dalam dan merupakan subduksi antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia."



(rel/yul)