Tetap Kecam Ahok, NU Jakarta Bantah Terlibat Istigasah

Suriyanto, CNN Indonesia | Senin, 06/02/2017 14:18 WIB
PWNU DKI Jakarta juga akan menindak tegas pengurus yang terlibat aktif dalam acara istigasah bersama Ahok itu. PWNU DKI Jakarta menyebut acara istigasah bersama Ahok tak terkait dengan mereka. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta menyatakan, acara istigasah bersama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kemarin sama sekali tak terkait dengan mereka. NU Jakarta akan menindak tegas pengurus yang terlibat dalam acara itu.

"Acara itu tanpa sepengetahuan dan tidak ada sangkut pautnya dengan PWNU DKI Jakarta," kata Rais Syuriah PWNU DKI Jakarta Mahfudz Asirun, Senin (6/2) seperti diberitakan Detikcom.

Hingga saat ini, warga NU di Jakarta, kata Mahfudz, masih tersinggung dan mengecam keras perlakuan Ahok terhadap pimpinan tertinggi NU Ma'ruf Amin dalam sidang pekan lalu.


Mahfudz menambahkan, pernyataan ini juga sejalan dengan pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj yang menyebut Ahok bersalah. "Masyarakat NU DKI Jakarta tidak akan memilih Ahok," kata Mahfudz.
Pernyataan sikap ini dibuat untuk ditaati pengurus NU di semua tingkatan dan warga NU di ibu kota.

Acara istighasah digelar kemarin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Hadir dalam acara itu sejumlah tokoh NU yang selama ini mendukung Ahok, di antaranya Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid, politikus Djan Faridz, dan pengasuh Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal, Nuril Arifin.

Dalam sambutannya, Djan mengatakan, NU adalah ormas yang menghormati perbedaan. Ia meminta, NU jangan terpecah oleh dinamika Pilkada yang saat ini terjadi.

“NU itu cinta kepada Islam. NU tidak membedakan umat. NU itu plural,” ujar Djan.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan warga NU bebas memilih calon gubernur pada 15 Februari mendatang. Ia berharap, calon yang dipilih berdasarkan hati nurani dan pertimbangan yang matang.
“Pilkada nanti pilihlah dengan hati nurani. Pilihannya bebas,” katanya.

Dalam sambutannya, Ahok menyatakan rasa terima kasih atas digelarnya acara tersebut, serta dukungan dan doa yang diberikan.

"Tanpa doa, kami tidak mungkin melakukan tugas dengan baik," ujar Ahok. (sur/pmg)