Aksi Solidaritas untuk Ahok Digelar di Tugu Proklamasi

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Rabu, 10/05/2017 20:33 WIB
Aksi Solidaritas untuk Ahok Digelar di Tugu Proklamasi Ribuan pendukung Ahok memadati Tugu Proklamasi dan kompak mengenakan pakaian berwarna hitam dan mengenakan pita hitam di lengan masing-masing. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan massa pendukung terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama penuhi kawasan Monumen Tugu Proklamasi, Rabu (10/5) malam.

Berdasarkan pantauan, ribuan pendukung Ahok telah memadati Tugu Proklamasi sebelum pukul 18.30 WIB. Mereka kompak mengenakan pakaian berwarna hitam dan mengenakan pita hitam di lengan masing-masing.

Mereka hadir untuk meramaikan acara bertajuk 'Solidaritas Rakyat Jakarta untuk Keadilan'. Menurut keterangan Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni, acara tersebut diadakan secara sukarela oleh relawan Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.


"Acara ini sebenarnya inisiatif dari banyak relawan Ahok dan Djarot, terutama Pak Ahok, yang merasa hasil akhir dari proses pengadilan kemarin tidak menggambarkan proses persidangan sendiri, jadi ada ketidakadilan," kata Antoni di Monumen Tugu Proklamasi, Jakarta.

Aksi Solidaritas untuk Ahok Digelar di Tugu Proklamasi(CNN Indonesia/Safir Makki)


Massa yang memadati kawasan bersejarah itu juga memiliki tagar sendiri untuk aksi malam ini. Tagar #justiceforahok dan #indonesiaberkabung mereka angkat sebagai cara untuk mengkampanyekan gerakan melalui media sosial.

Kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, terpantau turut menghadiri acara tersebut. Dalam orasi singkatnya di depan massa pendukung Ahok, ia berkata bahwa saat ini adik angkatnya dalam kondisi baik di balik tahanan.

Nana juga mengklaim Ahok tidak bersedih dan menyesal karena harus mendapat hukuman dua tahun penjara dalam kasus yang menimpanya.

"Jadi bapak, ibu, dan saudara sekalian, tetap semangat jangan kendor. Hati kita bersatu, jiwa kita bersatu, untuk Indonesia. Ahok di dalam tidak sedih, dia tidak menyesal," tuturnya.
Hingga saat ini gelombang pendukung Ahok yang datang ke Tugu Proklamasi terlibat masih berlangsung. Beberapa lilin juga telah dibakar sebagai bentuk aksi mereka di bekas rumah proklamator Sukarno itu.

Aksi Solidaritas untuk Ahok Digelar di Tugu ProklamasiFoto: CNN Indonesia/Lalu Rahadian