Ahok Ulang Tahun, Perayaan Kecil Digelar di Penjara

Feri Agus Setyawan, CNN Indonesia | Kamis, 29/06/2017 07:24 WIB
Ahok berulang tahun ke-51 hari ini. Keluarga menyebut bakal ada perayaan kecil tiup lilin dan potong kue di Rumah Tahanan Mako Brimob. Ahok merayakan ulang tahun ke-51 di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. (CNN Indonesia/Pool/Irwan Rismawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini, Kamis (29/6), genap berusia 51 tahun. Namun tak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Ahok harus melewati hari jadinya di dalam Rumah Tahanan Markas Korps Brimob Kelapa Dua.

Ahok lahir pada 1966 silam di Manggar, Belitung Timur, Bangka Belitung. Adik Ahok, Fifi Letty Indra memastikan kakaknya itu berulang tahun hari ini.

"Iya besok (hari ini) Pak Ahok ulang tahun,"  kata Fifi Letty Indra, adik Ahok saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (28/6) malam. 
Keluarga kini harus rela tak merayakan ulang tahun mantan Bupati Belitung Timur itu di rumah. Menurut Fifi, Veronica Tan, istri Ahok bakal dan anak-anaknya bakal menyambangi sang suami di Mako Brimob. 


Ahok mesti mendekam di balik jeruji setelah dirinya dianggap bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas kasus penodaan agama. Dia divonis dua tahun penjara atas kasus tersebut. 
Ahok Ulang Tahun, Perayaan Kecil Digelar di PenjaraAhok saat menjalani sidang di PN Jakarta Utara dalam kasus penodaan agama. (AFP PHOTO / POOL / Adek BERRY)
Fifi menyatakan, keluarganya bakal merayakan kecil-kecilan ulang tahun sang kakak di Mako Brimob. Namun dirinya dan ibunda tak bisa ikut hadir. Fifi mengaku tengah berada di Amerika Serikat, sementara ibunya di Belitung. 

"Iya (akan ada yang ke Mako Brimob), tapi saya lagi di Amerika dan mama lagi di Belitung," kata Fifi yang juga kuasa hukum Ahok ini.
Menurutnya, tak ada perayaan dalam menyambut hari lahir kakaknya tersebut. Setidaknya, kata Fifi, akan ada agenda tiup lilin dan potong kue, seperti pada umumnya seseorang ulang tahun. 

Sementara itu, salah satu kuasa hukum Ahok I Wayan Sudirta mengatakan hal yang serupa. Menurut dia, pihak keluarga dan tim Ahok saat mengikuti gelaran Pilkada DKI Jakarta 2017 bakal ikut datang ke Mako Brimob. 

"Iya besok keluarga akan datang. Tapi saya sedang di Bali," ujarnya. 

Sudirta menyebut bakal ada sedikit surprise yang rencananya bakal dilakukan Tim Ahok yang kerap bekerja di Rumah Lembang.