Menkominfo Sebut Kedatangan Obama Tunjukkan Indonesia Aman

Resty Armenia, CNN Indonesia | Sabtu, 01/07/2017 16:00 WIB
Menkominfo Sebut Kedatangan Obama Tunjukkan Indonesia Aman Obama saat bertemu Jokowi di Istana Bogor (Biro Pers Setpres/ Rusman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama membawa dampak positif bagi Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menkominfo Rudiantara saat menghadiri Kongres Diaspora Indonesia Ke-4 siang ini.

"Secara umum pastinya punya dampak positif ke Indonesia. Artinya kedatangan Obama menunjukkan bahwa Indonesia ini aman," tuturnya.

Ia berharap, dalam pidatonya saat kongres, Obama akan bicara soal ekonomi digital. Menurut Rudiantara, Obama adalah salah satu tokoh dunia yang mendorong ekonomi digital.


"Kita belajar dari speech-nya Obama nanti. Itu harapan saya, tapi nanti secara umum sangat positif untuk pariwisata untuk ekonomi Indonesia," katanya.

Rudiantara berharap, melalui konhres ini, warga negara Indonesia semakin berdaya. Menurutnya, Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri harus memberi nilai tambah pada pembangunan di Indonesia.

"Kita juga tidak boleh berpikiran sempit bahwa mereka harus kembali, harus berada di Indonesia. Kalau  terpaksa harus di luar negeri nggak apa-apa, tapi transaksinya tanda kutip transaksi yang berkaitan dengan Indonesia," pungkasnya.

Obama memberikan pidato pada Kongres Diaspora Indonesia Ke-4. Ia tiba di Jakarta pada Jumat (30/6), setelah sebelumnya berlibur bersama istri dan anak-anaknya di Bali dan Yogyakarta.

Presiden Negeri Paman Sam dari Partai Demokrat itu sudah berada di Indonesia sejak pekan lalu.

Di Jakarta, Obama bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor dan juga menyambangi rumah bos Grup Emtek Eddy Kusnadi Sariaatmadja.

Selama berada di Jakarta, Obama menginap di Mandarin Oriental yang berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.