Obama, Islam dan Perang terhadap Politik Sektarian

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Sabtu, 01/07/2017 12:31 WIB
Obama, Islam dan Perang terhadap Politik Sektarian Mantan Presiden AS Barack Obama mengatakan ribuan pulau dan etnis di Indonesia harus membuat masyarakat di Tanah Air harus saling menghargai. (Foto: Biro Pers Setpres/ Rusman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Presiden AS Barack Obama mengatakan ribuan pulau dan etnis di Indonesia harus membuat masyarakat di Tanah Air harus saling menghargai. Dia menegaskan semangat toleransi itu harus dikirim ke semua negara Muslim.

Hal itu disampaikan Obama dalam pidatonya di Kongres Jaringan Diaspora Indonesia yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Sabtu (1/7). Dia menuturkan Indonesia terdiri dari ribuan pulau dan etnis sehingga perbedaan harus dihargai.

“Hargai perbedaan. Ayah saya lahir Islam dan menghargai Hindu Budha dan Kristen,” kata Obama. “Lihat Borobudur, ada candi di tengah negara Islam yang besar.”
Dia juga menyebut bahwa Indonesia memiliki semangat toleransi dan membedakan negara itu dengan negara lainnya. “Karakter penting yang harus dikirim ke semua negara Muslim di seluruh dunia. Bhinneka Tunggal Ika.”


Masalah itu disampaikannya terkait dengan meningkatnya kebencian terhadap kelompok minoritas dan munculnya politik sektarian. Obama mengatakan teknologi informasi menjadi salah satu cara teroris menyebarkan kebencian dan semua orang harus memerangi hal tersebut.

Dia mengatakan dirinya percaya pihak yang setujud dengan demokrasi dan toleransi agama harus beraliansi. “Demokrasi sulit, tapi harus kita perjuangkan,” tegas Obama.