Potret Riuh Arus Balik Lebaran 2017

Antara, CNN Indonesia | Minggu, 02/07/2017 09:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah kendaraan pemudik memadati pintu masuk Cipali di Cirebon, Jawa Barat. Ada juga yang terjebak macet panjang di jalur Pantura, Jawa Tengah.

Sejumlah kendaraan pemudik memadati pintu masuk Cipali di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (30/6). Puncak arus balik di tol Cipali diperkirakan terjadi pada H+5 hingga H+6 Lebaran, Minggu (2/7). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc/17)
Kendaraan terjebak macet saat melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (30/6). Volume kendaraan arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta pada H+5 yang melonjak mengakibatkan jalur Pantura padat merayap dan diperkirakan puncak arus balik pada H+6. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc/17)
Pemudik yang menggunakan becak sepeda motor melintas di jalur lintas nasional Medan-Aceh Kamis (29/6). Memasuki H+4 Hari Raya Idul Fitri 1438 H, arus balik pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai meningkat, dan diperkirakan puncak arus balik mudik lebaran Aceh terjadi pada Minggu (2/7). (ANTARA FOTO/Rahmad/aww/17).
Pemudik menaiki mobil pikap yang tertutup terpal saat arus balik mudik Lebaran 2017 di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Jumat (30/6). Untuk menghindari kemacetan, Polri dan Jasa Marga membuka pintu pembayaran atau gate menjadi 31 pintu. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc/17)
Kendaraan terjebak kemacetan di Tol Cipali arah Jakarta KM 102 di Subang, Jawa Barat, Sabtu (1/7). Kemacetan hingga puluhan kilometer tersebut disebabkan antrean masuk rest area KM 102 dan mobil pemudik yang diparkir di bahu jalan dan diprediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu (1/7). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww/17)
Petugas mengatur kendaraan ketika antre pintu masuk tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Rabu (28/6). Pada H+3 Lebaran, kendaraan arus balik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang melewati tol Brebes Timur-Pejagan terpantau ramai lancar. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc/17).
Pemudik mulai berdatangan usai pulang dari kampung halamannya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (29/6). Arus balik di terminal tersebut mulai ramai dan terus meningkat hingga puncaknya pada Sabtu (1/7). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/17).
Antrean kendaraan memadati jalur selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H+4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+5 dan H+6 Lebaran. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nz/17). 
Pemudik sepeda motor melintasi jalur pantura di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (29/6). Pada H+4 Lebaran, arus balik sepeda motor terpantau meningkat dan diperkirakan puncak arus balik pada Minggu (2/7). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/nz/17)
Warga menggunakan kapal kayu yang melayani trayek penyeberangan dari Banda Aceh menuju Pulau Aceh saat meninggalkan pesisir pantai di Ulee Lheu, Banda Aceh, Aceh, Selasa (27/6). Arus balik dari daratan menuju pulau mulai ramai dan puncak arus balik diperkirakan pada 1 dan 2 Juli 2017. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nz/17).
Kendaraan pemudik mengantre saat memasuki gerbang tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (30/6) malam. Pada H+5 Lebaran, kendaraan dari Jateng menuju Jakarta melalui tol Cipali diketahui meningkat hingga 75 persen daripada hari sebelumnya. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww/17).
Sejumlah pemudik kereta api Rajabasa tujuan Bandar Lampung-Palembang tiba di Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (29/6). Antisipasi arus balik, KAI Drivre III Sumsel menambah tiga gerbong kereta api dengan kapasitas kursi 2.702 kursi dalam satu hari keberangkatan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/17).