Arus Balik, Bandara Halim Tambah 14 Penerbangan Ekstra

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Minggu, 02/07/2017 17:33 WIB
Arus Balik, Bandara Halim Tambah 14 Penerbangan Ekstra Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki arus balik lebaran, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menyiapkan 14 extra flight atau penerbangan tambahan bagi penumpang yang akan ke Jakarta. Penambahan ini merupakan permintaan dari tiga maskapai yakni Batik Air, Citilink, dan Susi Air.

Kepala Operasi dan Pelayanan Bandara Halim Perdanakusuma Ibut Astono mengatakan, terdapat tujuh extra flight dari maskapai Batik Air, empat extra flight dari Citilink, dan tiga extra flight dari Susi Air.
"Untuk antisipasi puncak arus balik ada 14 extra flight yang kami siapkan. Umumnya rute dari Yogyakarta, Solo, Malang, dan Denpasar," ujar Ibut saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (2/7).

Adapun dari maskapai Susi Air, kata Isbut, akan melayani penerbangan dari Cilacap dan Pangandaran. Pihaknya memprediksi ada sekitar 12 ribu penumpang yang akan memadati Bandara Halim Perdanakusuma hingga malam nanti.


Secara keseluruhan, lanjutnya, terdapat sekitar 321 ribu penumpang yang menggunakan fasilitas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma selama lebaran 2017. Jumlah ini meningkat sekitar 20 persen dari tahun lalu dengan jumlah sekitar 200 ribu penumpang.
Kendati demikian, Isbut memastikan tak ada keterlambatan yang terlalu lama dari pihak maskapai. Menurutnya, keterlambatan hanya terjadi karena penumpang harus menunggu saat pengambilan bagasi.

"Untuk keterlambatan tidak signifikan sehingga tidak perlu ada kompensasi bagi penumpang," katanya.