KPK Periksa Elza Syarief Terkait Perkara Markus Nari

Priska Sari Pratiwi , CNN Indonesia | Jumat, 11/08/2017 14:29 WIB
KPK Periksa Elza Syarief Terkait Perkara Markus Nari KPK memeriksa pengacara Elza Syarief sebagai saksi kasus menghalangi penyidikan korupsi e-KTP dengan tersangka Markus Nari. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa pengacara Elza Syarief sebagai saksi dalam kasus menghalangi penyidikan, persidangan, dan memberikan keterangan tidak benar pada kasus korupsi.

Elza diperiksa sebagai saksi bagi politikus Golkar Markus Nari yang telah menjadi tersangka dalam kasus ini. 

Kepada wartawan, Jumat (11/8), Elza mengaku tidak mengenal Markus.

"Saya terus terang sama Markus Nari tidak kenal. Jangankan kenal, lihat mukanya saja saya tidak tahu. Saya tidak tahu mesti memberi kesaksian apalagi," ujar Elza di gedung KPK, Jakarta.
Pengacara Elza, Farhat Abbas mengatakan, pemeriksaan seharusnya ditunda karena kliennya masih dalam kondisi sakit. 

Farhat menilai, pemeriksaan terhadap Elza mestinya tak diperlukan lagi karena penyidik KPK telah memiliki bukti yang cukup soal kasus pemberian keterangan palsu dan menghalangi penyidikan tersebut. 

Apalagi Elza telah berulang kali diperiksa sebagai saksi bagi tersangka memberikan keterangan tidak benar, Miryam S Haryani. 

"Bu Elza kan keterangannya sudah jelas, kenapa dipanggil lagi. Rangkaian cerita siapa yang terlibat juga sudah jelas, jadi segera limpahkan ke pengadilan saja," kata Farhat. 

Markus Nari ditetapkan sebagai tersangka menghlangi penyidikan dugaan korupsi e-KTP. Markus diduga meminta Miryam memberikan keterangan palsu dalam sidang kasus e-KTP di Pengadilan Tipikor. 

Atas perbuatan tersebut, Markus disangka melanggar pasal 21 UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tipikor.


BACA JUGA