Warga Sunda Wiwitan Terlentang di Jalan Adang Eksekusi

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Kamis, 24/08/2017 08:11 WIB
Warga Sunda Wiwitan Terlentang di Jalan Adang Eksekusi Puluhan warga masyarakat adat Sunda Wiwitan, Cigugur Kuningan mulai berkumpul di depan jalan wilayah yang akan dieksekusi. Sebagian mereka terletang di jalan. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Kuningan, CNN Indonesia -- Puluhan warga masyarakat adat Sunda Wiwitan, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat mulai berkumpul di depan jalan wilayah yang akan dieksekusi.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com Mereka telah berkumpul sejak pukul 06.30 WIB pagi tadi. jumlah mereka yang akan melindungi tanah adatnya itu semakin bertambah seiring hari yang semakin siang.

Di samping menutup jalan dengan posisi terlentang, masyarakat adat juga membawa para seniman. Para seniman ini menyanyikan lagu-lagu khas Sunda Kendang, gong, dan beberapa alat musik lain mengiringi alunan suara mereka.
Salah satu tokoh sunda Wiwitan Cigugur, Dewi Kanti mengatakan tidak penting berapa jumlah peserta aksi. Menurutnya, yang penting kawasan adat dapat dijaga dan tidak terkena eksekusi hari ini.


"Tidak penting berapa jumlah kami. Ini wilayah adat. Sampai gugur akan kami pertahankan," kata Dewi.

Sementara itu, pihak aparat yang akan melakukan eksekusi belum tampak. Hanya ada beberapa orang saja yang memantau peserta aksi.