Kuasa Hukum: Eggi Sudjana ke Arab Ikut Program Haji Khusus

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Senin, 28/08/2017 20:36 WIB
Kuasa Hukum: Eggi Sudjana ke Arab Ikut Program Haji Khusus Eggi Sudjana (kiri) disebutkan sebagai bagian dari struktur kelompok penyebar ujaran kebencian, Saracen.. (CNN Indonesia/Marselinus Gual)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di saat namanya dikaitkan dengan kelompok penyebar ujaran kebencian Saracen, Eggi Sudjana dikabarkan terbang ke Arab Saudi.

Kuasa hukum Eggi Sudjana, Razman Nasution, mengatakan keberangkatan kliennya ke tanah suci, Mekkah, adalah untuk melakukan ibadah haji.

"Bang Eggi kemungkinan habis Idul Adha langsung pulang [ke Indonesia]. Perlu saya tegaskan, dia enggak mendadak berangkat. Sudah direncanakan jauh-jauh hari," ujar Razman kepada CNNIndonesia.com.


"Detailnya saya kurang tahu. Berangkat kloter terakhir, semacam ikut ONH Plus [program haji khusus]," katanya menambahkan.

Adapun terkait biro perjalanan yang melayani perjalanan haji Eggi Sudjana, Razman tak bisa memberitahu lebih lanjut. Razman berkilah dia tak tahu secara detail, terkait ibadah haji Eggi.

Razman pun membantah, kepergian Eggi terkait dengan penyebutan namanya dengan grup Saracen.

"Ya, kesannya memang pas sekali dengan Abang (Eggi) yang disangkutkan dengan Saracen. Tapi, memang itu [dikaitkan Saracen] enggak benar, setelah selesai dia akan pulang lagi ke Indonesia," ujar Razman.

Lebih lanjut, Razman mengatakan, Eggi telah menyatakan akan menjalankan seluruh prosedur hukum ketika dia kembali ke Indonesia. Dia pun menyanggah Eggi bakal menetap di Arab untuk sementara seperti pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang tersangkut kasus dugaan pornografi.

"Dia bukan Habib Rizieq, gaya Abang tidak begitu, September dia sudah pulang," janji Razman.
Sebelumnya, pengacara Eggi Sudjana membantah terlibat dalam kepengurusan sindikat pengelola grup Saracen yang kerap menyebarkan ujaran kebencian di media sosial, khususnya di Facebook.

Dia mengatakan, informasi yang beredar lewat melalui media sosial tersebut sebagai fitnah keji terhadap dirinya. Eggi pun mengaku baru mendengar nama grup tersebut hari ini.

"Itu fitnah keji. Saya baru dengar tentang Saracen itu hari ini," kata Eggi Sudjana saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (24/8).