Jokowi Tegaskan Tak Akan Biarkan KPK Diperlemah

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 10/09/2017 22:00 WIB
Pesiden Jokowi mengungkapkan bahwa dia tak akan membiarkan lembaga antirasuah KPK diperlemah. Presiden Joko Widodo akhirnya memberikan reaksi terkait adanya upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Biro Pers Setpres/Kris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo akhirnya memberikan reaksi terkait adanya upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Terkait hal tersebut Jokowi justru menyatakan dukungannya terhadap lembaga antirasuah tersebut.

"Perlu saya tegaskan bahwa saya tidak akan membiarkan KPK diperlemah. Oleh sebab itu kita harus sama-sama menjaga KPK," kata Jokowi di Mojokerto, Minggu (10/9) dikutip dari Antara.



Tak cuma itu, Jokowi bahkan mengungkapkan dukungannya untuk memperkuat lembaga tersebut. Dia menyebut, KPK bersifat independen dan punya kewenangan untuk memeriksa semua pejabat negara.

"KPK sebagai institusi yang dipercaya masyarakat, sangat dipercaya masyarakat, ya harus kita perkuat. Harus itu, harus kita perkuat untuk mempercepat pemberantasan korupsi," ucap Jokowi dalam pernyataannya.

"Perlu saya ingatkan kepada semuanya bahwa korupsi adalah kejahatan yang luar biasa. Oleh sebab itu harus kita berantas. Harus kita lawan yang namanya korupsi."


Sebelumnya, Wapres JK juga mengungkapkan bahwa pemerintah ingin mempertahankan dan memperkuat KPK.

"Pemerintah dalam posisi ingin mempertahankan bahkan ingin KPK lebih kuat. Jika ingin membekukan KPK tentunya harus mengubah undang-undang," kata JK (chs/chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK