Massa Pendukung 'Kawal' Sidang Praperadilan Setnov

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 12/09/2017 10:48 WIB
Massa Pendukung 'Kawal' Sidang Praperadilan Setnov Massa pendukung Setya Novanto menghadiri sidang perdana praperadilan di PN Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sidang perdana gugatan preperadilan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan diwarnai kehadiran massa pendukung. Ratusan orang dari Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) terlihat hadir di halaman PN Jakarta Selatan, Selasa (12/9).

Kepala Kepolisian Sektor Pasar Minggu Komisaris Harsono mengatakan, massa hanya akan menghadiri sidang dan tidak akan menggelar aksi. Namun meski begitu, pengamanan tetap dilakukan pada jalannya sidang.

"Mereka janji tidak orasi,” kata Harsono.
Kepolisian mengerahkan sekitar 120 orang personel untuk mengamankan jalannya sidang. Termasuk untuk mengatur lalu lintas di depan Gedung PN Jaksel yang kerap padat setiap harinya.


Sementara itu humas PN Jaksel Made Sutrisna mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengamankan sidang praperadilan yang diajukan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu. Keamanan menjadi salah satu perhatian karena sidang ini diperkirakan menarik perhatian masyarakat.

"Berkoordinasi saja, memohon kepada kepolisian untuk membantu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi aparat pengadilan yang akan menggelar gelar perkara ini," ujar Made di PN Jaksel, Selasa (12/9).

Made mengungkapkan, PN Jaksel memercayakan kewenangan pengamanan kepada pihak kepolisian. Ia menilai, kepolisian mempunyai standard operasional prosedur (SOP) untuk menangani masyarakat jika timbul gejolak selama persidangan berlangsung.
setn
Walaupun demikian, PN Jaksel akan tetap menjalankan persidangan seperti biasa, begitu pula di ruang sidang lainnya. Tidak ada pengamanan khusus sidang meski sidang praperadilan Setnov berlangsung.


Hanya saja, penjagaan di gerbang masuk akan lebih diperketat dan hanya dibuka ketika mobil keluar atau masuk.  (sur)