Kuasa Hukum Pastikan Jonru Pulang Hadapi Kasus Hukum

Muhammad Andika Putra , CNN Indonesia | Kamis, 14/09/2017 18:06 WIB
Kuasa Hukum Pastikan Jonru Pulang Hadapi Kasus Hukum Jonru dipastikan pulang usai umrah untuk menghadapi kasus hukum. (Screenshoot via Facebook/@Jonru Ginting
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuasa hukum Jhon Riah Ukur Ginting, Juju Purwantoro memastikan kliennya akan kembali ke Indonesia setelah menjalankan ibadah umroh.

Menurut Juju, keberangkatan pria yang kerap disapa Jonru itu murni untuk ibadah sehingga tidak perlu dipermasalahkan.

"Namanya umrah, izin visanya umrah dan harus kembali, itu saja. Kalau tidak balik namanya lari," kata Juju di Masjid Baiturahman, Jakarta Selatan, Kamis (14/9).
Jonru berangkat umrah atas mendapat undangan salah satu perusahaan di Bandung, Jawa Barat Perusahaan itu merasa simpati pada Jonru.

"Tiba-tiba ada perusahaan dari Bandung yang simpati kemudian memberikan hadiah. Tapi dari kuasa hukum memastikan bahwa akan balik ke Indonesia," kata anggota Lembaga Bantuan Hukum Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) itu.

Juju menjelaskan, Jonru sudah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) terhadap kasus yang dialaminya.

Jonru dilaporkan pengacara Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya atas dugaan ujaran kebencian yang menyinggung suku, agama, ras dan antargolongan.

Laporan terhadap Jonru termuat dalam Laporan Polisi Nomor: LP/4153/VIII/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 31 Agustus 2017.

Selain Muannas, seorang pengacara bernama Muhammad Zakir Rasyidin juga melaporkan akun media sosial atas nama Jonru dengan tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah. Laporan tersebut dimuat dengan nomor LP/4184/XI/2017/PMJ /Dit.Reskrimsus tertanggal 4 September 2017.


BACA JUGA