18 Lansia Dilarang Masuk ke Seminar 'Kebenaran 1965'

Hesti Rika, CNN Indonesia | Sabtu, 16/09/2017 11:18 WIB
18 Lansia Dilarang Masuk ke Seminar 'Kebenaran 1965' Sedikitnya 18 orang lansia yang menjadi peserta seminar sejarah tragedi 1965 masih tertahan di luar Gedung LBH Jakarta karena tak diizinkan masuk. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya 18 orang lansia yang menjadi peserta Seminar ‘Pengungkapan Kebenaran Sejarah 1965/66’ masih tertahan di luar Gedung LBH Jakarta karena tak diizinkan terkait dengan acara itu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, para peserta lanjut usia itu sudah berada di tempat acara itu sejak pukul 07.00 WIB. Namun, mereka tak diperbolehkan masuk karena kepolisian tak mengizinkan acara tersebut.
Saat ini sebagian peserta masih duduk di luar pagar Gedung LBH Jakarta, Jakarta Pusat. Aparat keamanan pun masih berjaga-jaga di kawasan itu, sementara aksi penolakan seminar itu terus berlangsung.

Pengacara Publik LBH Jakarta Yunita menuturkan seminar ini adalah seminar ilmiah tentang sejarah. Dia juga mengundang agar pihak kepolisian dan organisasi yang menolak acara itu, turut berpartisipasi.


“Kami mengundang perwakilan untuk hadir di acara itu,” kata Yunita ketika dikonfirmasi, Sabtu (16/9).

Dia menuturkan seharusnya kepolisian dapat melindungi acara itu, bukan menghalanginya.

Terkait dengan para peserta lansia, Yunita menuturkan, saat ini mereka masih berada di luar gedung karena tak diperbolehkan masuk.