Banyuwangi Siap Tampung Pengungsi Gunung Agung

ANTARA, CNN Indonesia | Sabtu, 23/09/2017 11:16 WIB
Banyuwangi Siap Tampung Pengungsi Gunung Agung Bali dan Banyuwangi memang berada dekat, hanya dipisahkan oleh Selat Bali. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyatakan siap menampung pengungsi yang terdampak aktivitas Gunung Agung di Bali, kata Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko.

"Kami harus siap dan Banyuwangi siap menampung jika hal itu terjadi. Secara teknik ada di BPBD Banyuwangi," Kata Yusuf usai membuka Festival Layang-Layang di Banyuwangi, seperti yang dilansir dari Antara pada Sabtu (23/9).


Yusuf tidak menjelaskan secara rinci persiapan yang akan dilakukan Pemkab Banyuwangi. Namun ia mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi untuk menangani pengungsi.



Sebelumnya, status Gunung Agung dinaikkan dari siaga (level 3) menjadi awas (level 4) oleh PVMBG Badan Geologi.

"Level Awas adalah level tertinggi dalam status gunung api. Status Awas berlaku terhitung mulai Jumat pukul 20.30 WITA,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho.

Melalui keterangan tertulis, Sutopo mengatakan bahwa penaikkan status itu seiring peningkatan aktivitas vulkanik dari kegempaan yang terus meningkat.


Rekomendasi PVMBG, kata Sutopo, agar masyarakat dan turis yang berada di sekitar Gunung Agung tidak beraktivitas di seluruh area dalam radius sembilan kilometer dari kawah.

Serta ditambah perluasan sektoral ke arah utara, timur laut, tenggara, dan selatan-barat daya sejauh 12 kilometer.

[Gambas:Video CNN]