Presiden Jokowi Akan Temui Pengungsi Gunung Agung Besok

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 25/09/2017 16:55 WIB
Presiden Jokowi Akan Temui Pengungsi Gunung Agung Besok Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Bali pada pekan ini sekaligus akan mengunjungi pengungsi terdampak Gunung Agung. (ANTARA FOTO/Herry Murdy Hermawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengunjungi pengungsi terdampak Gunung Agung pada Selasa (26/9).

“Besok kalau tidak salah akan ke Karangasem [Bali],” ujar Teten di kantornya, Jakarta, Senin (25/9).

Berdasarkan informasi yang diterima, besok sang presiden memang akan melakukan kunjungan kerja di Bali. Kunjungan yang telah diagendakan itu sebelumnya adalah guna menghadiri seminar kebangsaan lembaga pendidikan tinggi sebagai benteng Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Meskipun sudah diberi jadwal tambahan ke Karangasem, Teten mengatakan kunjungan Jokowi kepada pengungsi nantinya melihat perkembangan dan kondisi selanjutnya.

Di tempat terpisah, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo menyatakan aktivitas di Gunung Agung saat ini masih terus naik dan turun. Pada pencatatan terakhir per 25 September 2017 (00-06 WITA) tercatat gempa vulkanik mencapai 227 kali, dan tektonik lokal 14 kali.

Saat ini status gunung yang kali terakhir meletus pada 1963-1964 itu sudah memasuki fase 'Awas' atau Level 4.

Berdasarkan pendataan BNPB, kini jumlah pengungsi mencapai 48.540 yang tersebar di 301 titik di 9 kabupaten atau kota.

Adapun yang terbanyak adalah di Kabupaten Karangasem yakni ada 82 titik pengungsi dan 21.157 jiwa mengungsi. Tempat dengan jumlah terbanyak kedua ada di Kabupaten Klungkung yakni 104 titik mengungsi dan 11.494 yang mengungsi. Sementara radius Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Agung diperkirakan sampai 12 km dari puncak Gunung Agung.

[Gambas:Video CNN]