Teten Sebut Tudingan Amien Rais Soal PKI Ngawur

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 26/09/2017 06:35 WIB
Teten Sebut Tudingan Amien Rais Soal PKI Ngawur Teten Masduki menyebut kecurigaan Amien Rais soal wacana pembuatan film G30S/PKI versi baru, ngawur. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Presiden Teten Masduki menyebut tudingan mantan Ketua MPR Amien Rais tak berdasar karena menuding pemerintahan Joko Widodo membuka kebangkitan Partai Komunis Indonesia. 

"Itu sih ngawur lah," ujar Teten di kantornya, Senin (25/9).

Tudingan itu disampaikan Amien Rais setelah Jokowi berpendapat film G30S perlu dibuat ulang dengan menyesuaikan kondisi dan perkembangan zaman. 
Amien mencurigai hal itu dan mengatakan ide Jokowi bisa membangkitkan kembali PKI. Padahal, anak cucu keturunan PKI saat ini sudah bebas menjalani kehidupan.


Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional ini menegaskan, sejarah tak bisa diputarbalikan sehingga usulan Jokowi tak perlu direalisasikan. Ia menduga perpecahan terjadi kembali bila usulan itu terlaksana.

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto menyatakan, pernyataan Jokowi merupakan pendapat dan bukan sebuah instruksi untuk segera dilaksanakan. Wiranto mengimbau kepada semua pihak untuk tidak menjadikan pernyataan itu sebagai sumber berita palsu (hoax).
Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo berpendapat, akan lebih baik apabila unsur kekerasan dalam film yang diproduksi 33 tahun silam dihilangkan tanpa mengubah konten dan pesan sejarah.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar sejarah dapat dinikmati semua lapisan terutama generasi milenial kini. (sur)