PKB Resmi Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Rabu, 11/10/2017 16:35 WIB
PKB Resmi Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018 PKB resmi menerbitkan surat keputusan tentang penetapan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai calon gubernur Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Kebangkitan Bangsa resmi mengusung Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul untuk berlaga dalam Pilkada Jawa Timur tahun 2018. Dukungan itu tertuang dalam Surat Keputusan DPP PKB Nomor 23947/DPP-03/VI/A.1/X/2017 tentang Penetapan Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur Jawa Timur dari PKB tertanggal 5 Oktober 2015.

"Iya DPP PKB sudah membuat keputusan rekomendasi untuk Gus Ipul," ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Daniel Johan membenarkan soal rekomendasi dukungan kepada Gus Ipul saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (11/10).

Daniel enggan memberkan alasan utama di balik dukungan kepada Gus Ipul yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Ia hanya menyebut Gus Ipul merupakan sosok terbaik dari calon yang ada dan sosok yang diminta oleh para sesepuh alim ulama di PKB.


"(Gus Ipul) yang terbaik dari calon yang ada dan amanah para kiai sepuh," ujarnya.


Berdasarkan SK yang diterima CNNIndonesia.com, dukungan kepada Gus Ipul merupakan hasil kajian Bidang Pilkada Pusat PKB. Gus Ipul dianggap memiliki kesamaan visi dan misi dengan PKB.

Atas pengesahan dukungan itu, Gus Ipul diminta segera membangun komunikasi dengan partai politik lain guna memenuhi syarat pencalonannya sebagai calon gubernur di Komisi Pemilihan Umum Daerah Jatim tahun 2018.


Seluruh Dewan Pengurus Wilayah PKB Jatim juga diperintahkan untuk berkoordinasi dan membantu pemenangan Gus Ipul dalam Pilkada Jatim.

SK tersebut akan ditinjau kembali jika Gus Ipul tidak dapat memenuhi ketentuan untuk yang tertuang dalam SK.

"Calon Wakil Gubernur Jatim akan ditetapkan kemudian setelah DPP PKB menerima kajian dari Desk Pilkada Pusat," tulis SK tersebut.

SK dukungan bagi Gus Ipul ditandatangani oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding di Jakarta pada 5 Oktober 2017.