Rhoma Irama Dijadwalkan 'Menggoyang' Pelantikan Anies-Sandi

Muhammad Andika Putra , CNN Indonesia | Kamis, 12/10/2017 07:11 WIB
Rhoma Irama Dijadwalkan 'Menggoyang' Pelantikan Anies-Sandi
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelantikan dan serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Djarot Saiful Hidayat ke Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan diisi oleh hiburan di halaman Gedung G Balai Kota, Jakarta, Senin (16/10).

Salah satu yang dijadwalkan tampil adalah Soneta, band yang digawangi Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Partai Idaman) Rhoma Irama.

"Ada hiburan juga, ada beberapa orang yang mau sumbangkan atraksi. Soneta katanya mau nyumbang, tapi yang lain belum bisa di update. Nanti baru ketahuan hari Jumat," kata juru bicara Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).


Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan akan melakukan dua kali pidato setelah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Pelantikan di Istana Negara dijadwalkan berlangsung pukul 16.00 WIB. Sesudahnya, Anies dan Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno akan berangkat menuju Balai Kota.

Rencananya mereka akan disambut oleh Palang Pintu dan tanjidor saat tiba di Balai Kota. Anies-Sandi kemudian menuju Balai Agung untuk serah terima jabatan memori dari Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.

Usai Sertijab Anies akan mengantar Djarot ke Pendopo Balai Kota.

“Setelah itu Pak Djarot meninggalkan lokasi. Nanti akan ada salat magrib berjamaah di Balai Rung, makan malam lalu ke DPRD untuk sidang paripurna istimewa,” kata Naufal.
Rhoma Irama Dijadwalkan 'Menggoyang' Pelantikan Anies-SandiAnies Baswedan menemui Basuki Tjahaja Punama usai menang Pilkada DKI 2017, Kamis (20/4).(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)


Anies-Sandi berjalan kaki menuju DPRD DKI dan akan menyampaikan pidato pertama sebagai Gubernur DKI di depan sidang paripurna istimewa. 

Setelah sidang selesai, Anies dan Sandi akan berjalan menuju halaman Gedung G Balai Kota.

Di halaman itu telah disediakan layar lebar untuk warga yang ingin melihat pelantikan, serta kuliner gratis dan panggung untuk hiburan.

Halaman tersebut juga akan menjadi tempat terakhir dalam rangkaian acara pelantikan yang dijadwalkan selesai sekitar pukul 22:00 WIB.

“Di halaman Gedung G ada kegiatan sama warga Jakarta, gubernur dan wakil gubernur akan menyapa warga. Sekaligus gubernur akan pidato di hadapan warga, jadi akan ada dua pidato,” kata Naufal.


Naufal memastikan dua pidato yang disampaikan Anies akan berbeda. Ia mengaku belum mendapat bocoran terkait isi dua pidato tersebut.
Rhoma Irama Dijadwalkan 'Menggoyang' Pelantikan Anies-SandiSandiaga Uno dan Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Kamera 360

Panitia akan memasang kamera 360 di Balai Agung, DPRD dan halaman Gedung G, yang dapat ditonton secara langsung. Kepala Citizen Innovation Live Arie Mufti bertanggung jawab untuk pemasangan kamera tersebut.

“Kami juga menyediakan tiga kaca mata virtual reality,” kata Arie dalam kesempatan yang sama.


Selain di kawasan balai kota, kamera 360 juga ada di 12 titik kawasan Jakarta. Namun sampai saat belum ditentukan di mana kamera akan ditempatkan.

“Kamera yang bisa melihat semua yang terjadi di ruangan,” ujarnya.