Anies-Sandi Bakal Gunakan Land Cruiser Selama Pimpin DKI

Muhammad Andika Putra , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 00:17 WIB
Anies-Sandi Bakal Gunakan Land Cruiser Selama Pimpin DKI
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan menggunakan mobil dinas baru selama menjabat. Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan Toyota Land Cruiser keluaran tahun 2017 untuk Anies-Sandi.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri Mawardi telah meminta mobil dinas itu ke Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD).

"Selama ini yang ada kendaraan yang dipakai oleh Pak Djarot. Kami sudah usulkan ke BPAD untuk dapat segera disiapkan mobil-mobil dinas gubernur dan wakil gubernur,” kata Mawardi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/10).

Namun, Mawardi mengaku tak mengetahui secara pasti anggaran yang dikeluarkan untuk mobil itu dan seri yang akan dibeli.
Anies-Sandi Bakal Gunakan Land Cruiser Toyota Land Cruiser. (Luftfahrrad via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
Berdasarkan situs Toyota.co.id, ada dua seri untuk mobil Land Cruiser keluaran tahun 2017. Seri Land Cruiser 200 VX yang dibanderol Rp Rp 1.944.500.000 dan Land Cruiser 200 VXR yang dibanderol Rp 2.280.800.000.
Mawardi mengatakan, permintaan pengadaan mobil dinasi itu sudah diajukan saat Pilkada DKI 2017 berlangsung. Namun sampai saat ini mobil tersebut belum ada.

"Ya mungkin masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP 2017). Kami harapkan secepatnya, dua-duanya Land Cruiser, kami minta sama untuk Anies-Sandi,” kata Mawardi.
Sebelum Land Cruiser baru terealisasi, Mawardi mengatakan, Anies-Sandi untuk sementara akan menggunakan mobil dinas Land Cruiser bekas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat. Termasuk, saat dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Usai pelantikan, pasangan yang diusung Partai Gerindra dan PKS itu akan menuju Balai Kota menggunakan mobil dinas bekas.

Sementara, Anies mengatakan akan memakai mobil yang sudah ada. Selama kampanye Anies memakai Toyota Kijang Innova.

"Enggak (mengusulkan mobil dinas baru), tetap saja. Kita pakai Kijang kayak biasanya," kata Anies.
[Gambas:Video CNN]
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Estafet Ahok-Djarot untuk Anies-Sandi