Kapal Dharma Kencana II Terbakar, 119 Penumpang Selamat

Damar Sinuko, CNN Indonesia | Minggu, 29/10/2017 14:01 WIB
Kapal Dharma Kencana II Terbakar, 119 Penumpang Selamat Ilustrasi kapal terbakar. (ANTARA FOTO/BASARNAS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal Dharma Kencana II tujuan Semarang-Pontianak terbakar di perairan Laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Minggu (29/10) sekitar pukul 04.15 WIB.

Kapal tersebut mengangkut 119 penumpang, yang terdiri dari 114 orang dewasa, tiga anak-anak dan dua orang bayi. Selain mengangkut 119 penumpang, KM Dharma Kencana II juga mengangkut 46 unit kendaraan.

"Kami mendapat informasi ada kebakaran kapal di Perairan Karimunjawa subuh tadi. Perkembangan terakhir, seluruh penumpang berhasil dievakuasi oleh KM Kirana I yang melintas tujuan Kalimantan. Semuanya selamat," kata Kapolsek Karimunjawa Iptu Suranto.
Sementara, seluruh kendaraan ikut terbakar bersama muatan.


Saat ini, seluruh penumpang, termasuk Nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) dievakuasi dengan kapal KM Kirana I menuju pelabuhan Kumai, Kalimantan.

Agen KM Dharma Kencana II, PT Dharma Lautan Utama dalam keterangannya, menjelaskan kronologi terbakarnya kapal tersebut.

Kapal berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Sabtu (28/10) sekitar pukul 17.00 WIB menuju Pontianak.

Pada Minggu (29/10) pukul 04.15 WIB, agen kapal melaporkan bahwa KM Dharma Kencana II yang berada pada posisi 47 NM Timur laut Karimun Jawa dengan koordinat 05 derajat 04,858'S - 109 derajat 53,900'E terbakar.

Pukul 05.00 WIB sekitar 90 persen penumpang dievakuasi menggunakan alat keselamatan kapal, dan KM Kirana I tujuan Kumai memutar haluan untuk melakukan pertolongan.

Selang setengah jam kemudian, seluruh penumpang kapal berhasil dievakuasi.

Sejumlah kapal yang melintas di perairan itu juga dikerahkan untuk mengevakuasi penumpang, diantaranya KM Ceria I, KM Kelimutu. Selain itu, Kapal SAR Sadewa dan KRI Rigel juga dikerahkan untuk memberikan bantuan.


ARTIKEL TERKAIT