Lima Hari Operasi Zebra, Polda Metro Tilang 44 Ribu Pelanggar

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Senin, 06/11/2017 14:44 WIB
Lima Hari Operasi Zebra, Polda Metro Tilang 44 Ribu Pelanggar Selama lima hari pelaksanaan operasi Zebra sejak 1 November lalu, Dirlantas Polda Metro Jaya mendata sudah ada 44.574 tindakan tilang yang dilakukan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat total 44.574 penilangan terhadap pelanggar lalu lintas selama lim hari menggelar Operasi Zebra, 1-14 November 2017.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan saat ini ada peningkatan jumlah tilang dibandingkan operasi serupa tahun lalu.

"Tahun 2016 jumlah tilang sebanyak 30.210 penilangan," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (6/11).



Budiyanto mengatakan, tilang terbanyak dilakukan di wilayah Jakarta Timur sebanyak 1.420. Pelanggaran itu umumnya pengendara tak lengkap membawa surat-surat seperti penggunaan SIM dan STNK.

Selain ketidaklengkapan surat-surat, pelanggaran yang ditindak itu juga umumnya terkait penggunaan helm, jumlah penumpang kendaraan bermotor, melanggar lampu lalu lintas, dan melanggar rambu.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, untuk kendaraan roda dua, pelanggar yang ditilang karena melawan arus lalu lintas selama lima hari ini mencapai 5.837 tindakan.

Maraknya pelanggaran yang dilakukan, kata Budiyanto, membuat petugas razia mengembangkan kegiatan tersebut menjadi pagi, siang, sore, malam hingga dini hari. Pengembangan giat tersebut telah dilakukan sejak Minggu (5/11) malam.

"Kami kembangkan giat menjadi menjadi pagi, siang, sore, malam hingga dini hari," katanya.

(kid/gil)