Jenderal Gatot Manut dengan Pilihan Panglima TNI dari Jokowi

Patricia Diah Ayu Saraswati, CNN Indonesia | Senin, 04/12/2017 10:58 WIB
Jenderal Gatot Manut dengan Pilihan Panglima TNI dari Jokowi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kanan) didampingi KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan sepenuhnya urusan calon pengganti panglima kepada Presiden Joko Widodo.

"Yang lebih tahu bukan saya, yang lebih tahu adalah presiden," kata Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (4/12).

Gatot menyampaikan presiden pasti memiliki alasan dan pertimbangan menentukan nama calon panglima yang diajukan kepada DPR.


Salah satu pertimbangannya, kata Gatot, adalah terkait dengan tugas dan tantangan yang harus dihadapi oleh panglima ke depannya.

"Presiden yang akan menggunakan panglima yang menggantikan saya berdasarkan tantangan tugas ke depan. Jangan tanya kepada saya tapi tanya ke presiden, karena dia yang akan menggunakan," tutur Gatot.


Presiden Jokowi resmi menyerahkan nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI menggantikan Gatot Nurmantyo kepada Pimpinan DPR.

Usulan nama tersebut telah diberikan kepada DPR melalui surat yang diserahkan oleh Menteri Sekretariat Negara, Pratikno pada Senin pagi (4/12).

"Tadi pagi saya menerima surat dari Mensesneg Pak Pratikno yang menyampaikan surat Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan juga rencana pengangkatan atau pergantian kepada Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru," kata Wakil Ketua DPR Fadli di gedung DPR, Jakarta, Senin (4/12).

Fadli juga mengungkapkan Jokowi hanya mengajukan satu nama saja, yaitu Hadi sebagai bakal calon panglima menggantikan Gatot. (gil)