Sandiaga Imbau Warga Beli Ornamen Natal di PKL

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Senin, 04/12/2017 17:55 WIB
Sandiaga Imbau Warga Beli Ornamen Natal di PKL Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berharap perayaan natal bisa menggerakkan perekonomian sektor kecil dan menengah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengimbau agar warga yang mencari ornamen hari raya, khususnya ornamen hari natal, dapat membelinya di pedagang kaki lima (PKL).

"Kita harapkan penjualan ornamen-ornamen oleh PKL bisa juga meningkatkan pendapatan mereka dan bisa menampung lapangan kerja yang sekarang ini memang di beberapa wilayah Jakarta kita khawatirkan ada pelemahan," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/12).

Sandi mengatakan, upaya menggerakkan PKL adalah instruksi dari Gubernur Anies Baswedan.

"Jadi, itu tadi arahan Pak Gubernur untuk disiapkan dan supaya jadi wadah agar warga justru guyub, rukun, dan bisa menggerakkan PKL dan bisa menggerakkan justru perekonomian yang ada di kelas menengah ke bawah," kata Sandi.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu menyebut pihaknya akan membuat aturan soal penggunaan ornamen natal.

"Ya, tentunya nanti ada ketentuannya dan diharapkan dibelinya itu dari pengusaha kelas menengah ke bawah," kata Sandi.

Lebih jauh, Sandi mengatakan bahwa para pengusaha ornamen hari raya sedang sepi pesanan.

"Pengusaha-pengusaha yang selama ini rindu order, itu yang mau kita dorong ke depan. Jadi, bukan hanya ikut memeriahkan, tapi juga menggerakkan perekonomian khususnya perekonomian akar rumput," kata Sandi.

Sementara itu, Anies yang diwawancara terpisah, menolak berkomentar soal peraturan penggunaan ornamen natal.

(wis/wis)