Demo Soal Yerusalem, Massa FPI Bakar Bendera AS-Israel

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Senin, 11/12/2017 11:12 WIB
Demo Soal Yerusalem, Massa FPI Bakar Bendera AS-Israel Barisan pendemo dibatasi kawat berduri sehingga tidak bisa berada terlalu dekat dengan kantor kedubes AS yang dijaga ketat puluhan personel kepolisian. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan anggota Front Pembela Islam (FPI) dan ormas Islam lain yang tergabung dalam Komite Pembebasan Al Aqsha mulai menggelar aksi protes di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), Jakarta, Senin (11/12).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sebagian besar mereka yang hadir membawa bendera ormasnya masing-masing.

“Hari ini kita berkumpul kembali untuk melawan kemungkaran. Takbir!” tutur orator dari atas mobil komando.


“Allahu Akbar,” pekik massa menyahuti orator.

Hingga berita ini dibuat, massa terus berdatangan bergabung dengan pendemo yang sudah hadir sejak pukul 09.40 WIB.

Barisan pendemo dibatasi kawat berduri sehingga tidak bisa berada terlalu dekat dengan kantor kedubes AS yang dijaga ketat puluhan personel kepolisian.

“Kita datang di sini untuk berjihad membantu saudara-saudara kita di Palestina. Maka jangan takut dengan panas matahari. Jangan berharap kita pulang cepat hari ini!” tutur orator dengan nada tinggi.

“Kita akan bakar bendera Israel dan Amerika!” pekik orator.

“Setuju!” ujar massa.

Berdasarkan pantaun CNNIndonesia.com, telah terparkir tiga mobil water cannon yang siap siaga di sekitar kantor kedubes AS. Personel kepolisian dengan jumlah yang tak kalah banyak dari massa pendemo siap siaga di sekitar kantor Kedubes AS.


Akibat demo itu, jalan medan merdeka selatan juga ditutup. (djm/djm)