Polisi Kerahkan 54 Ribu Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 12/12/2017 15:21 WIB
Polisi Kerahkan 54 Ribu Personel Amankan Natal dan Tahun Baru Wakapolri Komjen Syafruddin menuturkan saat ini juga digelar operasi lilin dengan seluruh instansi terkait dalam rangka mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Syafruddin mengatakan polri telah menyiapkan 54 ribu personel dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"54 ribu pasukan disiapkan," kata Syafruddin di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (12/12).

Lebih lanjut, Syafruddin menyampaikan pengamanan akan lebih difokuskan di daerah-daerah pariwisata, misalnya Bali.


Syafruddin menuturkan di Mabes Polri saat ini juga tengah dilakukan gelar operasi lilin dengan seluruh instansi terkait dalam rangka mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Gelar operasi lilin di Mabes Polri ini sekarang ini jam 09.30, dengan seluruh instansi terkait," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Setyo Wasito mengatakan selain tempat wisata, operasi lilin juga akan berfokus pada pengamanan di rumah ibadah.

“Banyak (titik yang diamankan). Rumah ibadah, tempat wisata dan jalur-jalur lalu lintas,” kata Setyo, Selasa (5/12).

Selain gereja dan tempat wisata yang diperkirakan bakal ramai pengunjung, kepolisian juga akan memperkuat keamanan rumah-rumah kosong.

“Termasuk nanti pengamanan di rumah-rumah kosong yang ditinggalkan. Walaupun tidak sebanyak Lebaran, tapi tetap akan dilakukan di Jakarta, khususnya di kota-kota besar,” ujar Setyo.

Di sisi lain, kepolisian, juga akan mengantisipasi arus mudik dan arus balik di antara Natal dan Tahun Baru agar kemacetan di sejumlah titik seperti pada beberapa tahun lalu tak terulang kembali.

Operasi Lilin pun dimulai sebelum Natal pada 22 Desember dan selesai setelah Tahun Baru pada 3 Januari 2018. (djm/djm)