Golkar Gelar Rapimnas dan Munaslub Mulai Hari Ini

Prima Gumilang, CNN Indonesia | Senin, 18/12/2017 10:11 WIB
Golkar Gelar Rapimnas dan Munaslub Mulai Hari Ini Golkar akan menggelar rapimnas dan munaslub untuk menetapkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum. Sejumlah pejabat teras DPP Golkar juga akan ditetapkan. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pimpinan Partai Golkar mulai hari ini menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) pada 18-20 Desember 2017. Kegiatan tersebut guna mengukuhkan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar pengganti Setya Novanto.

Berdasarkan susunan acara yang diterima CNNIndonesia.com, rapimnas hari ini dibuka pada pukul 09.00 WIB. Sesuai agenda, rapat dimulai dengan paripurna terkait jadwal, tata tertib rapimnas ketiga ini.

Pada pukul 14.00 WIB, Golkar akan menggelar paripurna menetapkan Airlangga sebagai ketua umum Golkar. Agenda ini akan dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham.



Usai rapimnas ditutup, munaslub dibuka pada pukul 19.30 WIB. Sesuai agenda, Presiden Joko Widodo rencananya akan menyampaikan sambutan pada pembukaan munaslub Golkar.

Setelah itu, munaslub Golkar langsung menggelar paripurna untuk membahas jadwal, tata tertib, pemilihan pimpinan munaslub, dan penjelasan materi.

Selasa (19/12), munaslub berlanjut dengan agenda rapat paripurna pada pukul 08.00 WIB. Pada kesempatan itu, paripurna kedua akan menetapkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (ADART) Golkar yang baru.


Selanjutnya, Golkar akan melakukan pemilihan ketua umum, menetapkan ketua umum terpilih, memilih anggota formatur, dan menetapkan anggota formatur. Agenda ini rencananya berakhir dengan rapat formatur pada pukul 22.00 WIB.

Pada Rabu (20/12), Golkar akan menggelar sejumlah rapat formatur. Agenda ini berlangsung hingga sore hari, hingga rapat paripurna keempat untuk menetapkan pengurus DPP Golkar masa bakti 2017-2022.

Selain menetapkan pengurus, munaslub juga menetapkan ketua dewan pembina, ketua dewan kehormatan, ketua dewan pakar, mahkamah partai, penyerahan hasil munaslub kepada ketua umum terpilih, hingga sidang munaslub Golkar ditutup.


Munaslub akan ditutup dengan penyampaian sambutan oleh Ketua Umum DPP Golkar yang baru.

Sebelumnya, pada Minggu (17/12), Golkar telah menggelar rapat pleno. Para pengurus DPD Golkar datang di agenda tersebut. DPP Golkar juga telah menggelar pertemuan dengan pengurus DPD tingkat I atau provinsi.