Tolak Usung Sihar, Kader PPP Sumut Bakar Foto Romahurmuziy

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 10/01/2018 20:05 WIB
Tolak Usung Sihar, Kader PPP Sumut Bakar Foto Romahurmuziy Kader PPP Sumut membakar foto ketua umum mereka Romahurmuziy. (CNN Indonesia/Zulkarnain)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kader Partai Persatuan Pembanguan Sumatera Utara membakar foto ketua umum mereka, Romahurmuziy alias Romi. Aksi ini dilakukan karena PPP tetap mendukung Sihar Sitorus sebagai bakal calon wakil gubernur untuk Djarot Saiful Hidayat bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Dewan Pimpinan Wilayah PPP tidak setuju dengan Sihar karena latar belakang agama. Mereka ingin padangan cagub/cawagub yang diusung semua beragama Islam.

Karena keinginan mereka tidak digubris Dewan Pimpinan Pusat, maka para pendukung dan simpatisan membakar foto Romahurmuziy di depan Kantor DPW PPP Sumut Jalan Raden Saleh, Rabu (10/1) sore.
Selain membakar foto, massa juga menuntut Romi mundur. "Romi menyakiti hati umat Islam Sumatera Utara," kata salah seorang.


Sebelumnya Ketua DPW PPP Sumut Yulizar Parlagutan Lubis menyatakan penolakannya pada Sihar. Menurutnya, siapapun pasangan yang diajukan akan didukung selama beragama Islam.
Tolak Usung Sihar, Kader PPP Sumut Bakar Foto RomahurmuziyKader Partai Persatuan Pembangunan Sumut membakar foto Ketua Umum PPP Romahurmuziy. (CNN Indonesia/Zulkarnain)
Sebagai bentuk protes, Yulizar dan Sekretaris DPW Sumut Jafarudin Harahap memilh tidak menghadiri atau mengantarkan pendaftaran pasangan Djarot-Sihar Sitorus.

Ketidakhadiran Yulizar dan Jafarudin kemudian digantikan dengan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua dan Sekretaris yang ditunjuk DPP PPP.
Selain tidak ikut mengantar , Yulizar juga memastikan dirinya tidak menandatangani dokumen apa pun terkait dukungan pada Djarot-Sihar. "Kami perang dengan DPP (PPP). Ini aspirasi umat Islam Sumatera Utara pada PPP," kata Yulizar.

Anggota DPRD Sumut ini mengaku siap dengan segala konsekuensi atas sikap politik yang ditempuh.

Sementara Djarot Saiful Hidayat yang dimintai tanggapannya terkait penolakan PPP hanya menanggapi ringan. “Engak apa-apa, nanti tinggal saya datangi elus punggungnya, dukung saya ya," kata Djarot di sela proses pendaftaran di KPU Sumut. (zul/sur)