Aburizal Bakrie Dukung Bamsoet Jadi Ketua DPR Gantikan Setnov

RZR, CNN Indonesia | Senin, 15/01/2018 00:41 WIB
Aburizal Bakrie Dukung Bamsoet Jadi Ketua DPR Gantikan Setnov Poitikus Partai Golkar Bambang Soesatyo mendapat dukungan dari Aburizal Bakrie untuk menjabat sebagai Ketua DPR. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie atau yang disapa Ical menyatakan dukungannya terhadap pencalonan politisi Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai ketua DPR RI menggantikan terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto.

Dukungan itu Ical sampaikan setelah rapat pleno internal dewan pembina Golkar di Bakrie Tower, Epicentrum, Jakarta Selatan, pada Minggu (14/1) malam.

"Berdasarkan konsultasi dan pertimbangan-pertimbangan yang saya sampaikan, maka wanbin Partai Golkar dapat menyetujui dan mendukung penetapan Bambang Soesatyo sebagai ketua DPR RI," ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan zaman SBY itu.


Menurut Ical, keputusan Dewan Pembina Partai Golkar untuk menunjuk Bamsoet sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART).

Persetujuan dukungan dari Dewan Pertimbangan Golkar itu juga telah tertulis dan ditandatangani resmi oleh Ical dalam surat yang nantinya akan ditujukan kepada Partai Golkar. 

"Dewan pembina sudah menyatakan dukungannya terhadap usulan itu secara resmi," ungkapnya.

Ical meminta secepatnya pimpinan DPP Partai Golkar berkirim surat kepada DPR terkait penunjukan Bamsoet sebagai ketua DPR yang baru.

Ia berharap terpilihnya Bamsoet sebagai ketua DPR bisa memulihkan dan kembali menaikkan citra serta elektabilitas Golkar yang sempat terpuruk akibat ditetapkannya Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi.

Kepada Ketua Umum Golkar yang baru Airlangga Hartato, Ical berharap yang bersangkutan dapat memberikan masukan dan saran kepada Bamsoet selama menjalankan amanahnya sebagai Ketua DPR yang baru.

"Sebagai kader partai, agar (Bamsoet) bisa menjaga dan menaikkan citra Partai Golkar ke depannya," ujar Ical. (wis)