Menteri Agama Yakin Tidak Ada Fraksi di DPR Dukung LGBT

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 19:57 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut dukungan bagi LGBT tidak masuk akal karena bertentangan dengan norma semua agama. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yakin tak ada fraksi di DPR yang mendukung LGBT. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yakin seluruh fraksi di DPR tidak mendukung legalisasi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dalam proses pembahasan revisi UU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Hal itu menanggapi pernyataan Ketum PAN Zulkifli Hasan yang menyebut ada lima fraksi, termasuk PAN yang menolak LGBT.

"Menurut Saya tidak mungkin ada fraksi yang mendukung LGBT," ujar Lukman di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/1).

Lukman mengatakan, dukungan bagi LGBT merupakan hal yang tidak masuk akal. Pasalnya, LGBT sangat bertentangan dengan semua agama.


LGBT, kata dia, juga tidak akan mendapat tempat mengingat Indonesia merupakan negara yang agamis.

"Tidak ada yang mentolerir hubungan sesama jenis itu dibolehkan oleh agama apapun. Apalagi bangsa ini bangsa agamis," ujarnya. 

Lebih dari itu, Lukman enggan menilai ada muatan politik di balik pernyataan Zulkifli. Ia hanya menduga Zulkifli hanya salah menjelaskan soal sikap fraksi di parlemen dalam menyikapi LGBT.

Diberitakan sejumlah media, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan, saat ini sudah ada lima fraksi di DPR yang menolak adanya LGBT. 

"PAN menyatakan ada 4 partai yang menolak (LGBT) plus PAN. Yang lima lagi belum ngomong," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengatakan, saat ini DPR masih menggodok pasal LGBT dalam RUU KUHP. Aturan mengenai perbuatan cabul sesama jenis diatur dalam Pasal 292 KUHP. (sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK