Polisi Ungkap Peredaran Sabu Lewat Botol Maskara

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Senin, 19/02/2018 16:35 WIB
Polisi Ungkap Peredaran Sabu Lewat Botol Maskara Ilustrasi botol kosmetik. Polda Metro Jaya mengungkap pengedar sabu yang disembunyikan dalam botol maskara. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak kepolisian menangkap lima orang pengedar narkotika jenis sabu yang didatangkan dari Aceh di kawasan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (14/2). Modusnya, memasukan sabu ke dalam botol kosmetik untuk maskara.

"Penangkapan pas Hari Valentine [14 Februari]. Modusnya dengan memasukkan sabu ke dalam kemasan botol kosmetik," ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan, saat dihubungi, Senin (19/2).

Kelima pengedar narkotika itu adalah R (38), E (43), A (26), A (28) dan MA (40). Pihak kepolisian masih melakukan pengembangan untuk menangkap bandar atau penyuplai utama dari sabu yang didatangkan dari Aceh tersebut.


Dari penangkapan tersebut didapatkan enam kotak yang masing-masing berisi 24 maskara merek Koko dan Kyle. Sabu dengan berat bruto 773,8 gram pun diamankan oleh penyidik.

Suwondo melanjutkan, penangkapan itu dilakukan atas dasar informasi dari masyarakat soal pengiriman sabu dari Aceh. Dari penyelidikan, pihaknya mendapatkan informasi tentang pria yang dicurigai sebagai pengedar.

Petugas kemudian membuntuti orang yang dijadikan target itu dari Merak, Banten. Penangkapan pun dilakukan di kawasan Kedoya Selatan, di samping pintu tol Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Setelah dibuntuti, kami tangkap di Kedoya dan diamankanlah sejumlah barang bukti itu," imbuh dia.

Hingga kini, Suwondo mengatakan, pihaknya masih melakukan pengembangan kasus untuk menangkap penyuplai sabu tersebut. Kelima tersangka juga diamankan di Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(arh)