Janji Jokowi Bereskan Kerusakan Citarum dalam 7 Tahun

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 22/02/2018 15:42 WIB
Janji Jokowi Bereskan Kerusakan Citarum dalam 7 Tahun Jokowi memperkirakan penanganan penanggulangan pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum hingga 7 tahun. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo memperkirakan penanganan penanggulangan pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum merupakan pekerjaan besar akan akan selesai dalam tujuh tahun.

"Pemerintah sudah menghitung dari hulu, tengah, dan hilirnya akan selesai insya Allah tujuh tahun," ujar Jokowi seperti dikutip laman setkab.go.id, Kamis (22/2).

Hal itu disampaikan Jokowi setelah menanam pohon di hulu Sungai Citarum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, sebagai simbol proses revitalisasi dimulai.



Revitalisasi sesungguhnya sudah dimulai sejak awal bulan ini melalui penanaman pohon seperti Rasamala, Puspa, Mangled, serta Damar di kawasan Situ Cisanti, Desa Tarumajaya.

Jokowi menyambut baik penanaman pohon ekologis dan ekonomis sebab nantinya menjadi endemik atau tanaman lokal.

Revitalisasi ditekankan sebagai pekerjaan yang harus dilakukan pemerintah pusat, provinsi, daerah dan diawasi Kodam III Siliwangi.

"Kita kerjakan secara gotong royong. Ini pekerjaan besar dan panjang. Bukan seremoni seperti yang sudah-sudah dan akan saya lihat secara rutin," tutur mantan Wali Kota Solo ini.


Memantau Perkembangan

Ia menegaskan akan selalu memantau perkembangan revitalisasi setiap tiga hingga bulan sekali dan dimulai dari perkembangan di hulu Citarum.

"Mulai di sini diberikan lahan PTPN 980 hektare untuk persemaian, ditanami, dan relokasi. Perhutani juga memberikan lahannya yang diharapkan segera dihijaukan kembali," ucapnya. (asa)