Penutupan Rakernas PDIP akan Bahas Pilkada dan Pilpres

RZR, CNN Indonesia | Minggu, 25/02/2018 01:40 WIB
Penutupan Rakernas PDIP akan Bahas Pilkada dan Pilpres Suasana di Rakernas III PDI Perjuangan di Sanur, Bali. (Foto: CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Bali, CNN Indonesia -- Penutupan rapat kerja nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan akan dilaksanakan hari ini, Minggu pagi (25/2) di Grand Inna Beach Hotel, Sanur, Bali. Agenda ini merupakan tahap konsolidasi akhir PDIP untuk berlaga di pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019.

Sebelum penutupan digelar, pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan menggelar rapat pleno terlebih dahulu.

Menurut Ketua DPD Jawa Tengah sekaligus sekretaris Fraksi PDIP di DPR Bambang Wuryanto, rapat pleno itu akan membahas dan mengesahkan hasil sidang komisi yang telah diadakan sejak Jumat dan Sabtu (23-24 Februari) kemarin.


Rapat pleno yang rencananya akan dilaksanakan pukul 09.00 WITA itu utamanya akan membahas soal persiapan kinerja PDIP dalam menyongsong Pilkada serentak 2018, Pemilihan Legislatif dan Pilpres 2019.

"Untuk rapat pleno digelar secara internal untuk membahas kerja partai dalam Pilkada, Pileg dan Pilpres. Bagaimana kita berkonsolidasi bersama," kata Bambang saat dihubungi wartawan pada Sabtu (24/2).

Bambang mengatakan tim perumus telah merampungkan rumusan akhir soal rencana kerja PDIP di Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 pada Sabtu (24/2) malam. "Besok (hari ini) disampaikan dlm pleno untuk mendapat pengesahan," kata Bambang.

Sementara untuk penutupan, Bambang menegaskan proses rapat pleno itu harus selesai sebelum pukul 11.30 WITA sebelum masuk agenda penutupan oleh pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Setelah itu pidato penutupan Rakernas, nyanyi bareng dan selesai," ujar Bambang mengakhiri.

Sebelumnya, Rakernas III PDIP dibuka secara tertutup pada Jumat (23/2) oleh Megawati yang membacakan pidato politiknya. Di akhir pidato politiknya itu pula Megawati memutuskan menggunakan hak prerogatifnya sebagai ketua umum untuk mencalonkan kembali Jokowi sebagai calon presiden dari PDIP.
(ded)