Usai dari DPR, Aksi Perempuan Berlanjut di Seberang Istana

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Kamis, 08/03/2018 15:24 WIB
Usai dari DPR, Aksi Perempuan Berlanjut di Seberang Istana Peserta aksi Hari Perempuan Internasional melewati sejumlah polisi yang mengawal kegiatan massa itu di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, 8 Maret 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Massa perempuan gabungan sejumlah elemen masyarakat melakukan aksi memperingati Hari Perempuan Internasional dari mulai depan Gedung DPR hingga ke Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini.

Sebelumnya, pada pagi tadi sejumlah massa melakukan aksi di depan halaman gedung perwakilan rakyat. Setelah melakukan aksi di sana seraya menyerukan sejumlah tuntutan untuk memenuhi hak perempuan, massa aksi pun melakukan parade hingga ke seberang Istana Merdeka yang berjarak sekitar 7 kilometer.


Sebelum massa dari DPR tiba, di seberang Istana telah ada sejumlah elemen massa buruh perempuan yang juga melakukan aksi dalam rangka hari Perempuan Sedunia.


Tak lama kemudian, jelang pukul 15.00 WIB, massa yang melakukan parade pun tiba di seberang istana. Mereka melanjutkan aksinya di sana.

Saat aksi berlangsung suasana sekitar istana Kepresidenan sudah diselimuti awan gelap tanda akan hujan.


Sebelumnya, pada pagi tadi, dalam aksi di depan Gedung DPR RI, massa menuntut pengesahan undang-undang yang berpihak pada perempuan seperti RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, RUU Pembantu Rumah Tangga, dan RUU keadilan Gender.

Wakil Koordinator Lapangan Parade Juang Nur Aini menyatakan aksi yang bertepatan pada Hari Perempuan Internasional ini diikuti 69 organisasi itu berasal dari elemen buruh, kelompok masyarakat nelayan, petani, penghayat pemberdayaan, difabel, dan korban kekerasan HAM serta kelompok marjinal lainnya. (kid)