Alwi Shihab: Larangan Bercadar Tak Berarti Anti-Islam

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 14:12 WIB
Alwi Shihab: Larangan Bercadar Tak Berarti Anti-Islam Ilustrasi penggunaan cadar. ICMI menyebut bahwa pelarangan cadar tak selalu berarti anti-Islam. (Foto: AFP PHOTO / MOHAMMED HUWAIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Dewan Penasihat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Alwi Shihab menyebut pelarangan cadar bagi mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tak berarti anti-Islam. Faktor keamanan dapat menjadi alasan aturan itu.

"Mau pakai cadar silakan, mau pakai normal hijab silakan, bahkan yang tidak pakai juga silakan. Tidak perlu dibesar-besarkan. Saya kira kenapa kampus melarang, karena keamanan," ujar dia, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat (9/3).

Alwi mengatakan kebijakan pelarangan cadar sebenarnya telah diterapkan di sejumlah negara agar wajah orang yang bersangkutan dapat dikenali. Menurut Alwi, larangan itu wajar dan tak berarti anti Islam.


"Jangan dipermasalahkan seakan-akan anti Islam, bukan seperti itu. Islam ini sangat luas kok," cetusnya.

Mantan Menteri Luar Negeri ini mengatakan Islam sejatinya tak membatasi pakaian maupun jenis kerudung yang digunakan. Ia mencontohkan istri mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid yang mengenakan kerudung tanpa cadar. Hal itu pun, kata dia, tak lantas menjadi masalah.

"Bu Nuriyah, istri tokoh, enggak pakai cadar, kerudung begitu saja juga bagus. Islam itu intinya mengajarkan kita berpakaian yang kalau kita lihat itu islami," jelasnya.

Polemik soal larangan bercadar muncul ketika pihan UIN Sunan Kalijaga mendata mahasiswinya yang menggunakan cadar. Hal ini tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi pada 20 Februari 2018.

Larangan bercadar itu dikeluarkan lantaran pihak kampus khawatir dengan maraknya ideologi radikal yang tidak sesuai nilai-nilai Islam di Indonesia.

Para mahasiswi yang menggunakan cadar akan mendapatkan pembinaan khusus. Jika masih menggunakan cadar selama masa pembinaan itu, pihak kampus tak segan mengeluarkan mereka. (arh)